Lihat ke Halaman Asli

Keterlibatan Warga Sekitar untuk Mengembangkan UMKM Daerah Wisata Volkswagen Tour Borobudur

Diperbarui: 10 Mei 2023   00:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kota Magelang selalu menjadi destinasi wisata bagi masyarakat menjelang periode libur. Berdekatan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini memiliki begitu banyak destinasi wisata dengan jenis yang beragam. Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi utama yang terletak di kota ini, namun banyak yang mulai berpikiran bahwa destinasi wisata ini --terutama tur menggunakan jenis kendaraan tertentu-- mulai terasa monoton.

Menanggapi hal tersebut, sekelompok masyarakat kota Magelang menggagaskan inovasi baru untuk memberi pengalaman baru kepada masyarakat pendatang kota Magelang. Volkswagen Tour Borobudur kini menjadi salah satu wisata yang sedang trending, meski mulai dirintis pada tahun 2018. Bila dilihat dari jejak wisata yang terdapat di Yogyakarta dan sekitarnya, jenis wisata tur menggunakan kendaraan sewaan bukanlah hal baru, seperti yang terdapat di tur Merapi dan Hutan Pinus Mangunan. Memang, gagasan Volkswagen Tour ini juga bermula dari komunitas Jeep di Yogyakarta dan sekitarnya.

"Awalnya, memang ini (volkswagen tour) awalnya dari ajakan komunitas jeep untuk membuat tur pake mobil VW Safari. Saya punya temen yang punya VW Safari juga jadi saya ajak mereka." jelas pak Rohman, salah satu tour guide dan pengemudi dari Volkswagen Tour ini. "Akhirnya berjalan lah wisata ini, dan pas pandemi 2020 kemarin kita juga istirahat penuh."

Wisata ini mengajak para penyewa jasanya untuk mendapatkan pengalaman lain ketika berada di daerah sekitar Candi Borobudur. Bukan menikmati keindahan Candi Borobudur, tur ini menyajikan wisata yang terletak di sekitar candi yang bernuansa lokal. Tentu saja agen-agen juga menyajikan paket-paket yang berbeda. Bahkan ada beberapa titik dimana pengunjung dapat melihat Candi Borobudur dari sisi lain dari kejauhan.

"Paketnya ada beberapa. Mulai dari harga 400 ribu sampai satu juta." Jelas Rohman. "Kalau yang sejuta itu paketnya seharian penuh sampai sunset, kalau yang 400 ribu hanya dapat tiga destinasi yang pelanggan bisa pilih."

Lokasi Candi Borobudur memiliki beberapa UMKM di sekitarnya. Tak hanya menyediakan jasa foto untuk konten di media sosial, Volkswagen tour ini juga menjalani bentuk kerjasama dengan lokasi-lokasi tersebut. Terdapat beberapa lokasi yang kerap dipilih oleh penyewa jasanya, diantaranya adalah Pabrik Madu, Gula Jawa, dan Pabrik Kopi Luwak. Disana, pengunjung diajak untuk menyaksikan semua proses produksinya. Mereka juga menyajikan sampel yang bisa dinikmati oleh pengunjung dan pengunjung juga dapat membeli hasil produksi sebagai oleh-oleh.

Tur menggunakan jenis kendaraan tertentu memang banyak ditemukan di destinasi wisata lainnya. Namun berbeda dengan yang lainnya, wisata ini mengajak turis untuk mendapatkan pengalaman dan pelajaran terteentu. Dengan keterlibatannya beberapa UMKM sekitar, tur ini juga bisa menjadi salah satu wisata edukasi yang patut dikunjungi.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

"Keren, sih bentuk wisata yang kayak gini. Sampe ngelibatin beberapa UMKM yang ada di sekitaran Borobudur, apalagi semenjak pandemi UMKM kayak gitu kena dampaknya banget. Jadi kalo ke Borobudur taunya nggak ke Candinya doang." Ucap Diyas, salah satu pengunjung.

Volkswagen tour menjadi salah satu bentuk hiburan di destinasi wisata Candi Borobudur. Wisata ini juga sangat cocok bila pengunjung datang dalam sebuah kelompok atau keluarga. Wisata ini juga cocok untuk anak kecil karena dengan ini mereka juga bisa menikmati dan merasakan pengalaman baru. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline