Lihat ke Halaman Asli

Solusi Bisnis untuk Biaya Kuliah

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Menimba ilmu di bangku kuliah merupakan dambaan siapa pun yang ingin hidupnya lebih baik, karena dengan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas kita akan diterima dimana pun. Tak heran bila banyak para calon mahasiswa berlomba-lomba mencari beasiswa kemana-mana demi mendapatkan kesempatan duduk di universitas / perguruan tinggi. Mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah dapat dengan cara berbagai jalur, baik beasiswa dalam negeri, beasiswa prestasi, bidik misi ataupun beasiswa luar negeri dan bahkan ada juga yang mendapat kuliah melalui sponsor.

Menurut hemat penulis bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan beasiswa kuliah ada solusi lain yang bisa dicapai untuk menimba ilmu yang lebih menguntungkan dari aspek pengalaman hidup anda yaitu dengan cara bisnis cerdas. Beruntung bagi anda yang memiliki semangat bisnis untuk mencapai apa yang anda harapkan, dengan cara itu selain ilmu dalam berbisnis anda pun dapat membiaya kuliah sendiri.

Keuntungan dari kuliah dengan cara biaya dari bisnis sendiri dibandingkan dengan mengandalkan beasiswa menurut opini penulis diantaranya:


  • Memulai bisnis sejak dini (pada awal kuliah) memberikan pengalaman cukup untuk kehidupan setelah lulus dan di wisuda. Tak sedikit lulusan kuliah yang kebingungan mencari jalan hidup dimana tempat bekerja yang layak, orang yang sudah mapan sejak awal dia tinggal melanjutkan bisnis yang sudah dirintis ketika mahasiswa.
  • Mahasiswa yang memiliki mental jiwa wirausaha mereka akan belajar secara tidak langsung bagaimana teknik komunikasi, negosiasi, manajemen, pengelolaan administrasi, dan sebagainya. Sehingga ilmu yang diraih dari bangku kuliah akan dipraktekan langsung di lapangan ketika dia berdagang dalam berbisnis yang dikelolanya.
  • Menjadi mahasiswa kaya yang mempunyai prinsip tidak ingin seperti robot. Mereka tidak akan mengharapkan bekerja untuk sebatas gaji semata, sebab gaji bulanan yang didapat dari cara menggadaikan ijazah kuliah tidak akan selamanya mencukupi kebutuhan hidup anda.


Solusi bisnis apa bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa paling efektif yang tidak mengganggu kegiatan kuliah anda sehingga dapat meraih kekayaan dengan cepat? Berdasarkan pengalaman penulis cukup simple yaitu menjadi marketing online atau selles online. Berdagang sungguh menguntungkan dan sebetulnya tidak cukup banyak modal, asal ada kemauan. Bila tidak mempunyai modal atau produk sendiri, cobalah menjual produk atau barang dagangan orang lain dengan mengambil keuntungan lebih.

Selain cara tersebut di atas ada banyak cara lain yang dapat menjadi solusi membiaya kuliah anda yang tentunya dengan melek internet yaitu bisnis online, seperti PPC (Pay Per Click), advertising, dan banyak lagi. Modal awal cukup kesungguhan, optimis dan pantang menyerah.

Anda yang membaca tulisan ini tentunya penasaran ingin mengetahui lebih lanjut, kami konsultan di bidang ini dan kebetulan masih duduk di bangku kuliah dan siap share berdasarkan pengalaman yang telah dirintis melalui situs arena persahabatan. Semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline