Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Mashael Alayed, Perenang Putri Arab Saudi Sebuah Kejutan pada Olimpiade Paris

Diperbarui: 31 Juli 2024   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: http://arab.news

Sebuah kejutan yang belum banyak diketahui masyarakat secara umum kecuali penggemar olahraga dan mereka yang menonton dan membaca berita Olimpiade Paris 2024.

Pada perhelatan Olimpiade Paris 2024, Kerajaan Arab Saudi yang selama ini dikenal sebagai negara konservatif dimana masih membatasi gerak kaum perempuan di depan umum ternyata telah mengirim atlet renang putri.

Ia adalah Mashael Meshari Alayed, 17 th, perenang gaya bebas untuk nomer 200 m pada babak penyisihan di Paris La Defense Arena, Nanterre.

Kompas.id

Sekali pun berada pada urutan keenam dari tujuh peserta dalam babak penyisihan ini merupakan sebuah kejutan luar biasa dan bisa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Arab Saudi.

Mashael Meshari Alayed merupakan atlet renang binaan Klub Renang Ettifag yang berprestasi dengan menyabet satu medali emas dan dua perak pada Pekan Olahraga Negara-negara Teluk di UEA pada April 2024.

Serta menyabet tiga medali perunggu dan perak pada Pekan Olahraga Arab Saudi menjelang Olimpiade Paris 2024.

Mashael Meshari Alayed merupakan putri Reema binti Bandar binti Sultan yang menjabat  sebagai  Duta Besar Arab Saudi di Amerika Serikat  serta anggota Komite Olimpiade Arab Saudi.

Gebrakan Arab Saudi dengan memberi kesempatan bagi perempuan  untuk ikut serta olahraga di sekolah dimulai pada 2017. Namun pada Olimpiade London 2012, Arab Saudi  sudah mengirim dua atlet putri.

Pada  Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Arab Saudi juga mengirim empat atlet putri pada cabang olahraga atletik, yudo, dan anggar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline