Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Pesona Laguna Pengklik dan Jembatan Kretek ll, Yogyakarta

Diperbarui: 22 Juni 2024   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tugu berwujud luku yang membelah sawah dan jalur hijau yang kering. | Dokumen pribadi


Bantul yang berada di wilayah selatan Yogyakarta mempunyai beberapa pantai yang indah dengan kerimbunan pohon cemara udang yang menyejukkan.

Antara Maret - Mei 2024 setidaknya penulis delapan kali bersepeda menyusuri pesisir sepanjang Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) mulai dari Parangtritis di ujung timur hingga Pandansimo di ujung barat JJLS. Jarak antara Parangtritis - Pandansimo tidak terlalu jauh hanya sekitar 15 km. Tantangannya tiupan angin laut yang deras dan teriknya mentari membuat jalur ini cukup melelahkan. Keliling bersepeda dari rumah di Selarong - Pandansimo - Parangtritis pergi pulang sekitar 82 km.

Kali ini penulis mengajak melihat keunikan dan kecantikan perjalanan dari Pantai Pandansari - Parangtritis yang melewati sembilan titik: Pantai Samas, Laguna Pengklik, Jembatan Kretek ll, Pantai Depok, Pantai Pelangi, Pantai Cemara Sewu, Pantai Lorong Cemara, Parang Kusuma, dan Parangtritis.

Sorotan kali ini hanya tentang Laguna Pengklik dan Jembatan Kretek ll.

Laguna Pengklik atau Pesona Pengklik merupakan muara dua sungai Winongo di bagian barat dan Opak di timur. Muara berair tawar ini terpisah dari laut dengan adanya pulau kecil yang membentang sekitar satu kilometer. 

Muara yang merupakan pertemuan dua sungai atau dalam bahasa Jawa disebut tempuran ini airnya cukup tenang. 

Bentangan sawah di depan muara dan rimbunnya cemara udang serta bakau dan pandan di pinggir muara  menambah keindahan dan keasrian Pesona Pengklik untuk tempat wisata dan rekreasi.

Lima tahun silam, muara ini dibangun sarana dan prasarana yang memadai untuk tempat wisata. 

Ada gedung luas berlantai dua untuk kantin, toilet, dan ruang pertemuan. Ada beberapa kano untuk 10 orang penumpang dan perahu dengan dermaganya. 

Di ujung depan ada loket penjualan tiket masuk dan enam bulan lalu dibongkar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline