Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Melihat Hidroponik Sayuran di Hotel Bintang Tiga

Diperbarui: 19 Mei 2023   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pakchoi di greenhouse lantai 4. | Dokumen pribadi 

Selama ini kegiatan urban farming lebih banyak dilakukan oleh masyarakat umum. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan peningkatan ketahanan pangan serta menambah pendapatan keluarga.

Ada juga instasi pemerintah seperti kantor kelurahan dan kecamatan, Puskesmas, serta sekolah yang juga melakukan kegiatan ini untuk memberi contoh pada masyarakat serta untuk bumi hijau dan sehat. 

Ternyata urban farming juga dilakukan oleh beberapa hotel berbintang di beberapa kota besar, seperti Surabaya, Makassar, Jakarta, dan Yogyakarta. 

Urban farming di sini bukan sekedar agar hotel tampak asri dan sejuk tetapi juga memenuhi kebutuhan menu sajian bagi para tamu. Terutama mereka yang vegan.

Selada merah dan hijau di greenhouse lantai 4. | Dokumen pribadi 

Dokumen pribadi.

Dokumen pribadi.

Menu sajian vegan bukan hanya masakan tradisional seperti pecel, urap-urap, karedok, dan gado-gado. Tetapi juga sayur mentah dengan tambahan mayonaise, mustard, minyak zaitun, dan basalmi salad oil sebagai menu western.

Sayur mentah ini di antaranya sawi sendok atau pakchoi, kemangi atau selasih, selada hijau dan merah, tomat sayur dan tomat ceri. Semua dipetik dari kebun kreatif di lantai paling atas yang digunakan sebagai greenhouse

Semaian bibit. | Dokumen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline