Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Kala Lembah dan Bukit Menuju Bromo Penuh Bunga Bermekaran

Diperbarui: 18 Februari 2019   19:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tepi Lembah Jemplang. Dokpri

Salah satu daya tarik ketika kita wisata atau dalam perjalanan ke desa yang masih alami adalah melihat aneka bunga liar yang sedang bermekaran. Demikian juga kala penulis pulang ke desa di sekitar Bromo pada Jumat, 15 Februari 2019 kemarin.

Pertengahan musim hujan masih sering mengguyur tanpa aba-aba. Jam 6 pagi terang benderang bisa jadi angin sepoi jam 7 pagi membawa awan tipis atau kabut yang segera menurunkan titik-titik air bagaikan gerimis. Beruntung jika segera kembali terang. Namun jika jika menjadi hujan lain lagi ceritanya.

Sebenarnya bukit di depan Coban Pelangi ini berwarna semu kuning penuh bunga paitan. Dokpri

Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi

Bukit lembah yang hijau pun tertutup kabut bahkan gerimis yang menutup pemandangan. Bagi warga setempat bukan menjadi masalah. Tetapi bagi wisatawan, suasana seperti ini tentu saja membuat kecewa. Keindahan yang berbeda dengan tempat wisata lain yang ingin dinikmati hanya jadi bayangan belaka sekalipun sudah berada di tempat tujuan.

Di depan rumah penduduk Desa Ngadas.Dokumentasi pribadi

Bunga sawi.Dokumentasi pribadi

Bunga wortel.Dokumentasi pribadi

Bermekarannya bunga-bunga liar yang tumbuh di lereng-lereng lembah dan bukit bisa menjadi pelipur kekecewaan. Bunga-bunga seperti paitan (yang bau dan rasanya pait jika dipegang), bunga kecubung  kuning  ada yang bilang bunga terompet, atau ada juga bunga sawi yang sengaja tidak dipetik karena untuk benih sayur sawi. Serta aneka bunga lain seperti adas pulo waras, bunga ilalang, atau juga bunga edelweiss. Tertarik?  

Bunga bawang prei. Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline