Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Di Mana Pun, Matahari Terbit dan Terbenam Sungguh Indah

Diperbarui: 18 Mei 2018   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Matahari terbit di Bandungan, Ambarawa

Salah satu tujuan ketika seseorang berwisata adalah menikmati suasana lain daripada yang lain, yakni matahari terbit dan terbenam. Maka ketika ada biro yang menawarkan jasa travelling, suguhan sensasional matahari terbit dan terbenam senantiasa ditawarkan lebih dahulu.

Keindahan matahari terbit yang biasanya ditawarkan oleh biro jasa adalah Penanjakan Bromo lewat Pasuruan, Puncak B29 (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) lewat Lumajang dan Malang, dan Pantai Sanur, Bali.

Sedang keindahan suasana matahari terbenam, yakni dilihat dari Pantai Kuta dan Pandawa di Bali dan hampir sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Matahari terbenam di Pantai Kuta, Bali

Menjelang terbenam di Pink City, India

Melihat foto-foto matahari terbit dan terbenam yang di pasang di media sosial, tampak demikian indah dan sensasional sehingga kita memutuskan untuk melihatnya secara langsung. Namun, kenyataannya ketika kita berada di sana pemandangan dan suasana yang sensasional tak tampak sama sekali. Selain sinar jingga semburat menyembul di antara awan yang membentang panjang di ufuk.

Sedang matahari malu-malu bahkan takut menampakkan diri pada wisatawan yang terlanjur membayar mahal pada biro jasa. Seperti yang pernah penulis posting di sini:  senyum-sapa-sang-bagaskara-di-ufuk-timur-bromo

Matahari terbit dilihat dari depan rumah, Desa Ngadas Malang

Matahari terbit dari depan rumah, Bibis Bantul, Jogjakarta

Sebenarnya, sensasional keindahan matahari terbit dan terbenam bisa kita lihat dari mana pun termasuk dari sekitar tempat kita tinggal. Dengan meluangkan waktu saat libur untuk berjalan santai atau bergowesria bersama keluarga atau komunitas menyusuri pedesaan suasana seperti ini mudah ditemukan.

Dekat, sehat, dan murah serta tak melelahkan. Kenalilah lingkungan tempat tinggal kita. Di situ keindahan akan terlihat.

Terbenam di Pantai Sendang Biru, Malang

Terbenam di Kota Karanganyar, Jawa Tengah

Terbenam dilihat dari tengah kuburan Desa Kemantren, Malang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline