Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Bunglon Ini Memang Kenthir!

Diperbarui: 28 Desember 2015   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Bunglon asli hijau. Dokpri"][/caption]

Sudah menjadi tabiat hewan yang namanya bunglon selalu mencla-mencle penampilannya. Entah perkataannya, karena saya sendiri gak mengerti bahasa bunglon. Kalau tempat ia berpijak berwarna hijau dia akan berubah menjadi hijau. Bukan coklat, bukan putih apalagi kuning. Kalau tempatnya berteduh berwarna merah dia akan berubah warna sedikit kemerahan. Bukan hijau, bukan kuning, dan bukan pula putih. Tapi kalau tempatnya berpijak berwarna putih, bunglon sedikit kebingungan mau berubah warna apa. Kadang sedikit abu-abu, sedikit coklat kayu, sedikit hijau muda, atau sedikit kuning. Yang jelas tidak mungkin bisa menjadi putih. Alasannya satu, jelas tidak mungkin orang eh manusia eh hewan yang mencla-mencle bisa dikatakan jujur. Jadi lebih banyak tidak jujurnya alias suka berbohong daripada bersikap putih bersih.

[caption caption="Sibuk dengan makanan sampai lupa merubah diri. Dokpri"]

[/caption]

Nah, bagaimana kalau bunglon tak mau atau tak bisa mencla-mencle tapi terus terang apa adanya. Merasa dirinya hewan yang berwarna hijau maka ia akan tetap menunjukkan kehijauannya. Entah di tempat yang berwarna gelap atau terang. Entah di batang pohon dan dedaunan atau di tembok. Hanya kadang ia sedikit berubah warna sesuai dengan tempatnya agar tidak dianggap berkhianat oleh sesama bunglon.

[caption caption="Bingung, mau berubah atau tidak. Dokpri"]

[/caption]


Kadang saya kok jadi bingung bila melihat bunglon tak mau berubah warna sesuai dengan tempatnya. Yang mencla-mencle adalah bunglon yang selalu berubah warna atau bunglon yang tetap mempertahankan keaslian warnya dimana pun ia berada.
Bunglon memang hewan kenthir. Dan, Kenthir Memang Perlu (KMP)

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline