Lihat ke Halaman Asli

Mbah Ukik

TERVERIFIKASI

Jajah desa milang kori.

Inspirasi dari Pakde Kartono

Diperbarui: 26 September 2015   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Pakdhe Kartono pakai lengan kuthung saat kerjabakti."][/caption]
Gonjang-ganjing makan bersama Gayus Tambunan dengan dua orang wanita di sebuah restoran memang membuat pikiranku sedikit burem. Antara percaya dan tidak, dan sebenarnya baru ngeh pada Selasa, 21 September 2015 jam sebelas malam yang lalu setelah ada email masuk. Email berisi foto Gayus Tambunan dan dua wanita tersebut tanpa diblur. Weladalah……! Tapi saya masih gak begitu peduli. Namun begitu berita di media elektronik dan sosial saya pun makin sedikit ngerti apa yang terjadi.
Masih diliputi rasa penasaran, tiga hari kemudian ada lagi sebuah email singkat dari Jogja dan saya pun berbalas email dengannya tanpa tau siapa dia.
“Mbah, gimana kabarnya masih suka nulis di Kompasiana dan juga gimana kabarnya Pakdhe Kartono?”
“Masih, tapi soal Pakdhe Kartono gak tau. Sudah tiga hari ini dia gak pernah nulis.”
“Wah, Beliau memang hebat dan pantas jadi panutan. Mbah, saya minta ijin memasang foto-foto Pakdhe Kartono dari Simbah dulu di bulletin fakultas kami ya…. Beliau sungguh menginspirasi kami.”

[caption caption="Memperbaiki jalur satu-satunya ke Ngadas di tengah belantara."]

[/caption]
“Foto-fotonya unggah ke saya dulu biar jelas. Sebab saya merasa gak pernah moto dia,” jawabku sedikit penasaran.
Dua jam kemudian email masuk dengan mengunggah tiga foto Pakdhe Kartono sedang kerjabakti dan istirahat di tepi hutan belantara Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Astagaaaa…. kukira Pakde Kartono siapa. Ternyata Pakdhe Kartono, Lurah Ngadas yang sedang kerja bakti memperbaiki jalan bersama beberapa warga dan aparat desa. Padahal jalan yang diperbaiki jaraknya sekitar delapan kilometer dari gerbang desa. Namun demi kelancaran transportasi yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya, Beliau tak segan berkorban.
Pakdhe Kartono ini memang hebat dan memberi inspirasi bagi siapa pun yang mengenalnya. Beliau adalah tipe pemimpin yang sederhana, rajin, tekun, dan cekatan dalam membangun desanya. Semoga pakdhe-pakdhe yang lain bisa seperti Pakdhe Kartono. Bahkan harus melebihinya.

[caption caption="Istirahat menikmati es krim."]

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline