Lihat ke Halaman Asli

Arelyta Mareti

Arelyta Mareti

Bagaimana Membuat Job Analysis agar Tidak Memuat Kesalahan

Diperbarui: 5 Mei 2021   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://id.hrnote.asia tag hrtech Hasil web Manajemen Organisasi | | HR NOTE Indonesia

Analisis pekerjaan, mengandung istilah sederhana yang disebut "analisis", yang berarti  pemeriksaan rinci tentang suatu pekerjaan demi memahami lebih mengenai pekerjaan yang dimaksud. Oleh karena itu analisis pekerjaan dilakukan untuk memahami lebih lanjut tentang pekerjaan tertentu untuk mengoptimalkannya. Analisis pekerjaan adalah proses sistematis mengumpulkan informasi lengkap yang berkaitan dengan pekerjaan. 

Menurut Sanchez & Levine (2000) dalam buku Industrial/ Organizational Psychology, proses analisis pekerjaan adalah mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun informasi mengenai komponen, karakteristik dan persyaratan pekerjaan.

Anda harus menuliskan job description yang baik agar orang-orang tertarik untuk melamar kerja ke perusahaan Anda. Akan tetapi, Anda pasti sering mengalami hal di mana Anda justru mendapatkan pelamar yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada akhirnya, Anda tersebut justru terjebak di antara banyaknya pelamar yang tidak cocok dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kesalahan dalam job description.

https://id.hrnote.asia tag hrtech Hasil web Manajemen Organisasi | | HR NOTE Indonesia

Namun, banyak perusahaan yang gagal dalam melakukan proses analisis jabatan yang akurat. Berikut adalah metode dan tata cara yang dapat dilakukan perusahaan terkait dengan proses untuk meminimalkan kesalahan dalam proses analisis jabatan.
  • Tidak Menggunakan Istilah yang Tepat dalam Mendeskripsikan Pekerjaan.
  • Menetapkan indikator parameter evaluasi

    Persyaratan yang Terlalu Mendasar

  • Keakuratan proses pengambilan sample

  • Memastikan langkah kerja yang sistematis

Dapat kita simpulkan bahwa job analysis atau analisis pekerjaan ini adalah kegiatan mengumpulkan data yang dilakukan dengan cara menghimpun serta mengolah data dan kemudian menyajikan hasil berupa informasi secara sistematis, tepat, dan jelas yang nantinya dapat digunakan dalam berbagai kegiatan pengelolaan sumber daya manusia. 

Dengan melakukan analisis pekerjaan, pembuatan job description akan menjadi lebih baik sehingga berdampak baik pula terhadap kualitas rekrutmen. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline