Lihat ke Halaman Asli

Ardy Firmansyah

TERVERIFIKASI

Mencari candu yang baru | Surat-surat Nihilisme

Apakah Motivasi Itu Hanya untuk Orang Lemah?

Diperbarui: 22 Maret 2020   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber dari sciencenews.org

Sering sekali kita melihat, materi-materi motivasi baik melalui acara televisi, media sosial, YouTube dan lain sebagainya yang mengajak orang-orang untuk semangat dalam menjalani hidup dan tantangan yang ada.

Tapi saya merasa kalau motivasi itu seperti mengarah kepada orang-orang yang mengalami masa "suram". Merasa putus asa, tidak semangat, pemalas, stres, lelah bahkan yang mempunyai masalah percintaan. Motivasi juga seringkali memberikan tips dan trik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Agar hidup mereka berubah menjadi lebih baik.

Orang-orang yang jenuh dan tidak sanggup mengatasi beban hidup tersebut seperti menjadi sasaran dari materi-materi motivasi. Mereka yang tidak berdaya akan merasa jika mendapatkan motivasi bisa menjadi jawaban agar menerima perasaan dan pikiran positif untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Hal ini membuat saya berpikir, apakah motivasi itu hanya untuk orang-orang yang merasa lemah dan tidak berdaya?

Memberikan Inspirasi Hidup
Berbagi cerita inspirasi pada sesama manusia itu memberikan dampak yang baik. Kita bisa mendaptakan sisi positif apalagi jika kita memiliki pengalaman dan permasalahan yang sama.

Contohnya orang yang gagal berkali-kali dalam wirausaha lalu masih konsisten dalam mencoba dan akhirnya menjadi sukses. Misalnya seperti Iman Usman CEO dan Founder dari Ruang Guru yang gagal mendapatkan pekerjaan dan akhirnya karena minatnya yang besar dalam bidang pendidikan, ia sukses dan berhasil membangun Ruang Guru, tempat belajar berbasis online.

Selain itu dengan melihat inspirasi orang-orang yang sukses dan motivasi-motivasi dari mereka, akan membuat kita merasa "bisa" melewati semua rintangan yang ada dalam hidup. Apalagi jika melihat perjalanan orang sukses yang penuh lika-liku dan beban hidup yang mungkin lebih berat daripada kita.

Pengalaman dan cerita inspirasi orang-orang sukses membuat kita belajar bahwa jika orang lain bisa, maka diri kita juga bisa melakukannya. Alhasil jika kita merasa lemah, tidak berdaya, dan putus asa, dengan adanya motivasi dan cerita inspirasi  membuat kita semangat dalam menjalani hidup.

Hidup itu Naik Turun, Begitu Juga Manusia
Hidup itu seperti roda yang berputar, kadang di atas kadang di bawah. Tapi ada juga yang sering di atas dan lama di bawah. Sama halnya dengan manusia, kadang semangat dan kadang ngerasain putus asa. Meski ada juga yang sering semangat dan beberapa yang sering galau.

Karena memang manusia itu "labil" dalam memegang prinsip yang sudah dipilih. Contohnya saja untuk berubah dan melakukan kebiasaan yang positif, seperti mempelajari skill baru, usaha ataupun keluar dari zona nyaman (rebahan). Mungkin pada awal-awalnya orang akan semangat menjalaninya. Tapi mereka mungkin akan suntuk dan jenuh ketika sering melakukannya. Dan akhirnya bertanya pada diri sendiri

"Kenapa aku melakukan ini ya? Sudah capek-capek dan susah. Apa benar tujuanku untuk menjalani ini semua?"

Benar, perasaan ragu dari manusia. Ketika sudah dalam titik ini, potensi orang untuk melakukan prokastinasi dan tidak melakukan habit tersebut akan muncul. Disinilah peran motivasi dan inspirasi memegang kendali manusia yang sudah terjebak dalam kelemahan dan ketidakberdayaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline