Lihat ke Halaman Asli

Ardyakinanti Fitryamahareni

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember

Tangkal Covid-19, Mahasiswa KKN Unej Kelompok 3 Ajak Warga Tegalgede Terapkan Protokol Kesehatan dan Buat Jahe Instan

Diperbarui: 12 Agustus 2020   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Edukasi Panduan Pencegahan Covid-19 (dok. pribadi)

Kelurahan Tegalgede merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan dokumen Pemutakhiran Data Perkembangan Desa 2020, luas wilayah Kelurahan Tegalgede yaitu 255,94 km2.

Kelurahan Tegalgede berbatasan langsung dengan Desa Antirogo di sebelah utara, Kelurahan Sumbersari di sebelah selatan, Desa Karangrejo di sebelah timur, dan Kelurahan Patrang di sebelah barat. Penduduk Kelurahan Tegalgede per 1 Januari 2020 berjumlah 2.333 keluarga dengan jumlah penduduk laki-laki 4.835 orang dan jumlah penduduk perempuan 4.939 orang.

Berdasarkan dokumen Pemutakhiran Data Perkembangan Desa 2020 tentang kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit selama setahun terakhir terdapat 1 kejadian Corona/Covid-19 di Kelurahan Tegalgede. Hal tersebut menjadi potensi untuk tetap mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 dengan tujuan menekan penyebarannya.

Pemahaman mengenai physical distancing, penggunaan masker, dan langkah cuci tangan perlu digalakkan. Langkah awal yang dapat dilakukan dalam penanganan Covid-19 yakni dengan sosialisasi penerapan cuci tangan setiap saat dalam lingkup keluarga.

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap model KKN yang menerjunkan mahasiswa di kampung halaman masing-masing (KKN Back to Village). Program KKN Back to Village bertematik program inovasi teknologi/informasi dalam penanganan Covid-19.

Melalui tematik tersebut, program kerja yang dilakukan yakni sosialisasi protokol kesehatan terutama cara cuci tangan pakai sabun dan pendampingan pembuatan jamu jahe. 

Terpilihnya Kelurahan Tegalgede sebagai tempat KKN dikarenakan kelurahan tersebut merupakan tempat tinggal dan mempermudah akses dalam pelaksanaan KKN di masa pandemi. Pemfokusan program kerja berlangsung selama 45 hari dimulai pada 1 Juli 2020 hingga 14 Agustus 2020. Sasaran program kerja tersebut berada di wilayah RT 003/RW 004 yaitu Ibu Eviyati, seorang ibu rumah tangga yang menjadi anggota dasawisma Catleya 63 di wilayah RT 003.

Pelaksanaan program kerja dibagi menjadi 7 minggu. Minggu pertama, observasi wilayah RT 003/RW 004 dengan melakukan pengamatan terhadap warga RT tersebut sehingga diketahui data dan permasalahan yang terdapat di wilayah tersebut. Permasalahan yang terjadi di wilayah RT 003 yaitu belum adanya sosialisasi mengenai protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Oleh karena itu, program kerja yang dirancang yaitu sosialisasi penerapan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19, sosialisasi pentingnya physical distancing, pelatihan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA), dan pelatihan pembuatan jamu jahe instan.

Pada minggu kedua dilakukan pendekatan dan pengenalan program kerja kepada sasaran. Pada saat pengenalan program kerja disepakati bahwa pelaksanaan program kerja dilaksanakan setiap hari Kamis di setiap minggunya.

Sasaran merespon dengan baik atas rancangan program kerja yang akan dilaksanakan mengingat belum ada sosialisasi mengenai bahaya Covid-19 maupun sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dari instansi kesehatan di wilayah RT 003.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline