Lihat ke Halaman Asli

Ardiansyah Taher

TERVERIFIKASI

Sociolinguist

Inilah 5 Band Folk yang Harus Datang ke Indonesia

Diperbarui: 25 Oktober 2017   13:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: concart.net

Siapa yang suka musik beraliran folk? Genre musik yang sering disebut musik rakyat ini memang mengandalkan unsur kesederhanaan dan keseharian dalam setiap alunan nadanya. Biasanya alunan suara gitar mendominasi musik folk ditambah dengan instrumen musik tradisional lainnya yang menambah suasana klasik di dalamnya seperti biola, banjo, mandolin, dan piano.

Mungkin salah satu di antaranya adalah favorit kalian. Beberapa band folk berikut sudah lama eksis dan merajai genre ini. Sayangnya mereka belum pernah manggung di Indonesia. Kira-kira siapa saja ya yang wajib "mampir" pentas ke Jakarta?

The Lumineers

Sumber: npr.org

Mereka bisa dibilang rajanya folk di Amerika Serikat. Band asal Colorado ini naik daun lewat lagu "Ho Hey!", "Stubborn Love", dan album-albumnya yang rutin masuk nominasi penghargaan Americana Music Honors & Awards, Billboard Music Awards, dan Grammy Awards.

Band yang diprakasai oleh Wesley Schultz dan Jeremiah Fraites ini memiliki musik folk yang begitu kental. Di beberapa lagu dan penampilan panggungnya, mereka juga sering berkolaborasi dengan musisi lain yang memainkan alat musik klasik. Para pecinta musik folk tentu menjadikan The Lumineers sebagai favorite artist di playlist mereka.

Meski The Lumineers sudah eksis sejak 2002, baru 2 album yang ditelurkan mereka yaitu "Self-titled" (2012) dan "Cleopatra" (2016). Semoga saja The Lumineers terus produktif berkarya dan bisa menyempatkan manggung di Indonesia suatu hari nanti.

Mumford and Sons

Sumber: mumfordandsons.com

Band folk-rock asal London, Inggris ini tentu sudah kesohor di dunia. Mereka beberapa kali manggung di event-event berskala Internasional bersama musisi kelas wahid lainnya. Sang vokalis Marcus Mumford bersama rekannya Ben Lovett, Winston Marshall, dan Ted Dwane selalu memukau para penonton yang hadir di setiap live performance mereka. Namun sayangnya promotor musik di Indonesia belum berkesempatan mengundang mereka.

Lagu-lagu yang dibawakan Mumford and Sons begitu menggelora ditambah petikan banjo yang khas serta beat-beat sederhana dari pedal yang diinjak Marcus sambil memainkan gitarnya dan bernyanyi penuh tenaga. Salah satu lagu yang paling nge-hits adalah "I Will Wait".

Lewat tembang-tembang andalannya dalam album "Sigh No More" (2009), "Babel" (2012), dan "Wilder Mind" (2015), mereka sudah mendapatkan banyak penghargaan. Di antaranya trofi sekelas Billboard Award dan Grammy Award.

Of Monsters and Men

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline