Lihat ke Halaman Asli

Budaya Organisasi, Budaya Adaptif

Diperbarui: 10 November 2023   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BUDAYA ORGANISASI

Budaya organisasi adalah seperangkat norma, nilai, keyakinan, dan perilaku yang diadopsi dan dianut oleh anggota organisasi. Ini menciptakan identitas unik dan memengaruhi cara orang berinteraksi di dalamnya. Budaya organisasi memiliki beberapa unsur utama:

1.Nilai

Nilai mencerminkan prinsip-prinsip yang dianggap penting oleh suatu organisasi. Misalnya fokus pada inovasi, keberagaman atau integritas.

2.Norma

Norma adalah pedoman informal tentang perilaku yang diakui dan diikuti oleh anggota suatu organisasi. Misalnya, tingkat ketekunan atau pendekatan terbuka terhadap perubahan.

3.Ritual dan upacara

Ritual dan upacara adalah kegiatan simbolis atau rutin yang memperkuat kebudayaan. Ini mungkin termasuk pertemuan harian, upacara penghargaan atau kegiatan rutin lainnya.

4.Komunikasi

Cara suatu organisasi berkomunikasi mencerminkan budayanya. Apakah komunikasi terbuka, formal atau hierarkis?

5.Struktur kekuasaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline