Lihat ke Halaman Asli

"Kopi Millenial", Kopi "Zaman Now"

Diperbarui: 1 Juni 2018   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (sumber: hellosehat.com)

Indonesia dikenal sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah ruah. Sumber daya alam ini masih banyak yang belum terjamah oleh tangan manusia untuk dikelola. Berbagai sumber daya alam yang ada di Indonesia memberikan keuntungan tersendiri bagi yang bisa mengelolanya. Dalam hal ini kopi.

Kopi adalah salah satu hasil perkebunan Indonesia yang paling banyak di ekspor. Indonesia masuk ke dalam 5 negata besar produsen dan eksportir kopi di dunia, di peringkat 4. Kopi yang paling terkenal di dunia dan sering diperdagangkan ada 2 jenis. Yaitu biji kopi arabika dan robusta. Masing-masing biji kopi memiliki perbedaan terutama di bagian kafeinnya dimana arabika memiliki kandungan kafein lebih rendah dibandingkan dengan robusta. Selain itu, arabika lebih mahal dan memiliki rasa lebih ringan dibandingkan dengan robusta yang terkenal sebagai kopi keras.

Dengan kondisi generasi milienal yang sedang menjadi tren saat ini, kopi bukan lagi sebagai konsumsi tetapi juga sebagai gaya hidup. Banyak anak muda zaman sekarang mengkonsumsi kopi di coffe shop ternama seperti: Starbucks, Tanamera dll. Melihat kopi sebagai tren gaya hidup menjadikan banyak orang tertarik untuk mengembangkan bisnis coffee shop.

Akan tetapi, coffee shop yang ada saat sekarang ini sudah banyak jumlahnya dengan beraneka ragam tempat yang 'instagramable'. Tetapi, tempat kopi yang benar-benar menawarkan rasa kopi yang khas itu masih sangat kurang. Sebagian ada yang benar-benar memberikan cita rasa tetapi kebanyakan hanya menawarkan tempat yang enak saja dan kopinya sendiri masih terasa kurang.

Kopi Millenial hadir untuk menawarkan cita rasa kopi yang sesuai dengan kondisi dan tren saat ini. Dengan menggunakan biji kopi arabika, sesuai dengan cita rasa yang disukai oleh generasi muda. Kopi Millenial bisa memberikan solusi untuk generasi muda pecinta kopi, dan juga bagi para pencinta kopi yang ingin merasakan cita rasa kopi lain yang dari berbagai daerah di nusantara dengan cita rasa yang berbeda.

Bekerjasama dengan petani lokal yang sudah terkenal dengan produksi kopi berkualitas akan memberikan keuntungan tersendiri baik bagi Kopi Millineal maupun produsen kopi itu sendiri. . Kopi Millenial memberikan peluang bisnis yang besar dengan prospek yang menjanjikan.

Berikut adalah Business Model Canvas dari Kopi Millineal:

  • Customer Segment

Kopi Millineal menyasar kaum anak muda dan generasi millineal yang dianggap memiliki pasar dan pengaruh yang besar terhadap perkembangan bisnis Kopi Millineal. Kopi addict juga menjadi sasaran pelanggan dari Kopi Millineal untuk memperkuat posisi Kopi Millineal sebagai coffee shop terkenal di Indonesia.

Kopi Millineal masuk kedalam kategori mass market. Walaupun Kopi Millenial menyasar kaum muda bukan berarti orang tua tidak dilayani. Semua orang bisa merasakan cita rasa yang ditawarkan oleh Kopi Millenial. Generasi millineal merupakan tolak ukur dari kondisi Kopi Millenial dalam persaingan coffee shop yang ada di Indonesia.

  • Value Proposition

Nilai dari coffee shop yang ditawarkan oleh Kopi Millenial adalah cita rasa yang sesuai dengan rasa yang sesuai dengan keinginan pelanggan (taste), tempat yang nyaman dengan fasilitas yang mendukung kegiatan pelanggan (place), dan Kualitas baik bahan baku terutama kopi maupun pelayaannya yang berasal dari sumber daya manusia (quality).

  • Channels

Channels adalah saluran komunikasi, distribusi dan penjualan yang menghubungkan antara bisnis dan pelanggannyaTerdapat 5 aspek yang perlu di perhatikan dalam membuat channels sebuah bisnis

  1. Awareness = agar Kopi Millenial diketahui oleh semua orang, maka dilakukan promosi-promosi yang bisa menarik pelanggan. Dalam hal ini, promosi yang bisa diketahui oleh semua orang dengan cepat saat ini adalah dengan menggunakan media sosial seperti Instagram dan Twitter yang merupakan media sosial yang paling sering digunakan saat ini. Dengan pemanfaatan media sosial maka akan memberikan tingkat awaraness yang tinggi kepada calon pelanggan
  2. Evaluation = Evaluasi yang dilakukan oleh Kopi Millenial adalah dengan menanyakan langsung kepada pelanggan. Dengan adanya feedback dari pelanggan maka bisa dijadikan sebagai evaluasi untuk perkembangan bisnis Kopi Millenial itu sendiri
  3. Purchase = untuk memudahkan pelanggan dalam membeli makanan dan minuman di Kopi Millenial maka akan disediakan berbagai metode pembayaran pada umumnya seperti adanya mesin EDC yang memudahkan pelanggan melakukan transaksi ketika sewaktu-waktu tidak membawa uang fisik.
  4. Delivery = Kopi Millenial selain memiliki toko fisik, juga akan bekerjasama dengan penyedia jasa layanan transportasi online sehingga pelanggan bisa membeli produk melalui aplikasi tanpa harus datang ke toko.
  5. After Sales = setiap permasalahan yang terjadi karena produk Kopi Millenial akan di pertanggungjawabkan oleh Kopi Millenial sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Customer Relationships
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline