Kompetensi sense of business bisa memiliki banyak redaksional, seperti insting bisnis, pemahaman bisnis, commercial acumen, dan lainnya.
Kompetensi ini terkesan menjadi ‘milik’ orang-orang yang bekerja di bidang marketing atau strategi bisnis, sehingga mereka yang berada di bagian operasional/non bisnis kadang merasa tidak terlalu penting.
Milik Semua
Kenyataannya, semua bagian setiap harinya berjalan untuk menciptakan dan mendukung sasaran bisnis organisasi.
Lebih spesifik lagi, semua bergerak untuk membuat organisasi memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor.
Anda sebagai IT analyst, tenaga medis rumah sakit/klinik kesehatan, customer service, akuntan, termasuk HR, semuanya merupakan komponen organisasi yang menggerakkan roda bisnis. Untuk itu, pemahaman terkait bisnis dan kompetitor bukan hanya kewajiban pasukan bisnis di garda depan.
Setiap bagian memang memiliki fokus tersendiri dan menuntut penguasaan yang tajam. Dalam sesi interview, banyak kandidat yang penuh semangat menceritakan dan menegaskan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen/klien.
Sebagai konsumen, terlebih di era informasi super terbuka, tentu memiliki keleluasaan untuk menyatakan layanan maupun produk satu perusahaan adalah yang terbaik.
Kita sebagai konsumen, biasanya akan membandingkan dengan layanan atau produk sejenis. Sayangnya, cukup banyak orang yang semangat memberikan layanan terbaik, namun tidak mengetahui kompetitor. Pertanyaannya, bagaimana bisa yakin bahwa layanan tersebut terbaik?
Perusahaan memiliki parameter terkait layanan atau produk terbaik. Tim khusus juga tersedia untuk melakukan studi kepuasan dan sebagainya.
Usaha terbaik kita tentunya mengacu pada KPI (Key Performance Indicator) atau target manajemen pada tahun berjalan. Akan tetapi, perlu kita ingat lagi, bahwa semua proses kerja kita juga untuk membuat perusahaan memenangkan persaingan. Walaupun, misalnya kita bekerja di perusahaan yang berturut-turut nomor 1 di Indonesia selama 3 tahun, atau Asia Tenggara.