Lihat ke Halaman Asli

Ardi Bagus Prasetyo

TERVERIFIKASI

Praktisi Pendidikan

5 Hal yang Kerap Menyebabkan Peserta Didik sering Tak Respek Kepada Guru Saat Mengajar di Kelas

Diperbarui: 12 Desember 2024   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri- Ardi Bagus Prasetyo)

Respek atau rasa hormat dari peserta didik kepada guru adalah fondasi penting dalam proses belajar mengajar yang efektif. Ketika hubungan antara guru dan siswa didasarkan pada saling menghormati, maka komunikasi di kelas akan lebih kondusif, pemahaman materi akan lebih baik, dan suasana belajar akan lebih positif. Namun, tidak jarang guru dihadapkan pada situasi di mana peserta didik menunjukkan sikap yang kurang respek. Hal ini bukan hanya menciptakan suasana kelas yang tidak nyaman, tetapi juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

Berdasarkan sejumlah penelitian dan pengamatan di lapangan, ada beberapa penyebab umum yang membuat peserta didik kehilangan respek terhadap gurunya. Berikut adalah lima faktor utama yang sering memicu perilaku tersebut:

1. Ketidakkonsistenan dalam Disiplin dan Peraturan

Salah satu penyebab utama siswa tidak menghormati guru adalah penerapan disiplin yang tidak konsisten. Misalnya, seorang guru yang memaksa siswanya untuk tepat waktu tetapi dirinya sendiri sering terlambat akan kehilangan kredibilitas di mata peserta didik. Konsistensi dalam penerapan aturan membantu membangun kepercayaan, sedangkan ketidakkonsistenan menumbuhkan keraguan.

Menurut penelitian dari American Psychological Association (APA), konsistensi adalah kunci dalam membangun otoritas yang positif di kelas. Ketika siswa melihat bahwa aturan hanya berlaku untuk mereka, bukan untuk guru, mereka cenderung merespons dengan sikap yang apatis atau bahkan memberontak.

2. Metode Mengajar yang Tidak Menarik dan Monoton

Peserta didik saat ini hidup di era digital di mana informasi mudah diakses dan hiburan berlimpah. Ketika metode pengajaran masih bersifat kaku, konvensional, dan tidak interaktif, siswa cenderung kehilangan minat dan respek kepada guru. Mereka merasa bahwa proses belajar tidak relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Menurut survei oleh Education Week, 76% siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran ketika metode pengajaran melibatkan aktivitas yang interaktif, kolaboratif, dan sesuai dengan konteks digital mereka. Sebaliknya, 54% siswa melaporkan kurang respek terhadap guru yang hanya memberikan ceramah tanpa variasi metode.

3. Kurangnya Empati dan Pemahaman terhadap Siswa

Guru yang kurang memahami perasaan dan kebutuhan siswa sering kali dianggap tidak peduli. Sikap yang kurang empatik dapat membuat peserta didik merasa diabaikan, tidak dihargai, atau bahkan diperlakukan tidak adil. Akibatnya, mereka merespons dengan menunjukkan perilaku tidak respek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline