Lihat ke Halaman Asli

Ardi Bagus Prasetyo

TERVERIFIKASI

Praktisi Pendidikan

Mengenal Ragam Tips dan Trik Sebelum Mencari Kerja bagi "Fresh Graduate"

Diperbarui: 19 Mei 2023   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fresh graduate cari kerja (Sumber: Kompas.com/andreas lukas altobeli)

"Ironi fresh graduate", istilah tersebut mungkin tak berlebihan jika kita sematkan kepada para mahasiswa yang saat ini sedang merasakan momen bahagia pasca lulus dari kampus tercinta. Melaksanakan momen sakral yakni pengalungan medali dan momen pemindahan tali toga yang ada di topi wisuda seakan menjadi bagian penting dari momen sejarah sebagian orang yang tak mungkin dapat dilupakan. 

Tak cukup sampai di situ, pasca proses wisuda selesai masih ditambah pula dengan momen foto bareng bersama orang tersayang seperti kedua orang tua, saudra, keluarga besar, rekan kuliah, rekan kerja, hingga ayang.

Wah, rasa-rasanya saya sebagai penulis pun sudah merasakan sendiri momen bahagia yang tak akan pernah saya lupakan sepanjang hidup saya walau harus terjadi di masa pandemi covid-19.

Lulus dengan predikat cumlaude, memiliki nilai IP yang tinggi di atas rata-rata, hingga berhasil lulus sesuai target yang telah ditentukan di awal seakan menjadi pencapaian terlengkap dari apa yang dinamakan proses dalam dunia perkuliahan. 

Maka dari itu, sebagai mahasiswa yang baru saja lulus alangkah baiknya kita tak selalu bergantung dengan sekadar ijazah atau nilai yang terdapat di dalamnya. 

Lebih dari itu, ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan dari diri kita selaku mahasiswa yang baru saja lulus kuliah agar mempercepat peluang mendapatkan pekerjaan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Mulailah membangun koneksi sedini mungkin

Pernahkah kamu mendengar istilah "orang dalam"? 

Mungkin sebagian dari kita akan berpikiran bahwa istilah orang dalam yang berkembang dan familiar di masyarakat merupakan hal yang berkonotasi negatif. Tidak salah sebenarnya, namun yang perlu kita ketahui dan cermati bersama. Istilah orang dalam memang tak selalu berkonotasi negatif. 

Secara general, orang dalam memiliki arti yakni relasi atau hubungan yang terjalin antara seseorang dengan orang lainnya, atau satu pihak dengan pihak lainnya dalam hal kelembagaan, pekerjaan, ranah akademik, dan lain sebagainya guna meningkatkan kualitas diri, kerja tim, hingga koneksi yang baik demi mencapai tujuan bersama. 

www.relasio.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline