Lihat ke Halaman Asli

Buku Guru Mengapa Tak Sesuai

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

kurikulum 2013 banyak didukung dengan berbagai kemudahan. guru tidak lagi dituntut untuk membuat silabus. model pembelajaran pun ditetapkan standar minimalnya. langkah-langkah pembelajaran sudah ditetapkan pada buku guru, meskipun untuk kegiatan awal dan kegiatan penutup menjadi ciri khas guru untuk menyampaikannya. jika dicermati pada bagian penilaian, juga sudah tersedia jenis dan bentuk penilaian yang dapat dipergunakan oleh guru dalam mengajar.
namun disela-sela menganalisis buku guru dan buku siswa, terdapat hal pokok yang tidak sesuai antara kompetensi dasar dan indikator. kalau kita mencermati makna pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana, maka diakui bahwa kita para pendidik memberikan layanan pendidikan harus dengan sadar se sadar-sadarnya, bahwa kualitas layanan pendidikan harus sesuai dengan cita-cita bangsa ini. di era mendatang diharapkan anak-anak kita memiliki sikap kepribadian yang baik dengan didukung keterampilan dan pengetahuan yang memadai. ketiga tuntutan itu, diarahkan dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar.
untuk menjabarkan kompetensi dasar ini pada buku guru pun dituliskan indikator yang harus dipenuhi agar siswa mencapai kompetensi. namun saat itulah ketidak sesuaian terjadi. banyak beberapa kompetensi dasar tidak dijabarkan indikatornya. ada tertuang kompetensi dasar namun jabaran indikatornya tidak ada.
sehubungan dengan hal tersebut, bagi para guru yang akan mengimplementasikan seyogyanya dapat mengembangkan jabaran indikator sesuai dengan kemampuan atau keilmuan yang ada. dampak lebih lanjut adalah ketika jumlah indikator diperbanyak, maka tentu saja bentuk kegiatan pembelajaran pun dapat dikembangkan lebih dari yang sudah tersaji pada buku guru.
selanjutnya akan berdampak pula pada bentuk dan jenis penilaian. masih teringat kebiasaan kita dalam menyusun instrumen penilaian yang hanya memenuhi aspek pengetahuan saja, namun kurang dalam aspek keterampilan dan sikap. buku guru seyogyanya tetap berisi ketiga aspek penilaian itu juga. kekurangan pada instrumen aspek/ranah pengetahuan perlu dicermati dan dikembangkan oleh para guru. bagi para guru sasaran kurikulum tahun 2013 di tahun 2014 ini, selamat mengikuti diklat kurikulum 2013. semoga keteladanan yang disajikan dalam kegiatan belajar mengajar, memberikan dampak positif dalam perkembangan anak kita. semoga...!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline