Lihat ke Halaman Asli

Organisasi Buruh, SP3 Mandiri Gelar Konsolidasi

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Serikat Pekerja Perjuangan Proletar Mandiri (SP3 Mandiri ) PT Sinar Gowa Industri – Sukses (SG Group) menggelar konsolidasi yang bertempat di Kabupaten Maros, Minggu 15/12. Agenda utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah persiapan menghadapi realisasi pemerintah terkait pelaksanaan BPJS yang rencananya diberlakukan per 1 Januari 2014 dan juga membahas peningkatan kompetensi anggota di tengah persaingan dunia kerja pasca kenaikan UMK.

SP3 Mandiri sebagai salah satu organisasi pekerja di Makassar yang bersekretariat di Jalan Ir Sutami No 88, Makassar menganggap bahwa BPJS adalah program pemerintah yang masih abu-abu. “Kami menganggap bahwa pada pelaksanaannya nanti BPJS ini akan menemui kerancuan. Baik mengenai aturan program pensiun maupun terkait pelayanan kesehatannya, sehingga kami rasa berkewajiban mengkonsolidasikan ini kepada anggota.” Jelas Irawati, Sekretaris Umum SP3 Mandiri.

Selain itu SP3 Mandiri juga menfokuskan konsolidasi mengenai peningkatan kompetensi bagi anggotanya. “Kami sebagai organisasi pekerja, tidak hanya berpikir menuntut hak-hak kami kepada pemerintah atau pengusaha, akan tetapi kami juga sadar bahwa peningkatan kompetensi kerja adalah keharusan agar anggota kami tetap dapat bersaing di dunia kerja lebih lama lagi.” Tambah ira, sapaan akrbanya.

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan Karyawan PT Sinar Gowa Industri – Sukses (SG Group) ini ditutup dengan pembacaan deklarasi perjuangan dan kode etik anggota SP3 Mandiri yang dipimpin langsung oleh ketua umumnya, Mansyur. Pembacaan deklarasi perjuangan dan kode etik anggota menandai terbentuknya secara resmi SP3 Mandiri sebagai organisasi pekerja yang memiliki kekuatan hukum dengan surat bukti pencatatan yang telah diterbitkan oleh Disnaker Kota Makassar.(aR)

Laporan Ardiansyah Jasman Langsung Dari Maros




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline