Lihat ke Halaman Asli

Wanita Tertabrak Kereta Saat Hendak Melakukan Selfie

Diperbarui: 8 Juni 2024   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selfie, atau swafoto, adalah sebuah tindakan mengambil foto diri sendiri menggunakan kamera, biasanya kamera pada ponsel pintar. Fenomena ini telah menjadi bagian dari budaya digital modern, memungkinkan individu untuk menangkap dan berbagi momen pribadi dengan mudah. Selfie sering digunakan untuk mengekspresikan diri, mendokumentasikan kehidupan sehari-hari, dan berinteraksi di media sosial.

Selfie juga seringkali mengundang banyak permasalahan pada keselamatan. Mereka yang ingin melakukan selfie terkadang lupa dengan keselamatan karena mereka terlalu fokus ingin mendapatkan foto selfie yang bagus. Seperti pada kasus ini, seorang wanita berumur 29 tahun di Nopala de Villagrán, Meksiko hendak melakukan selfie namun berujung kehilangan nyawa karena tertabrak kereta.

Situs berita trains.com melaporkan bahwa wanita tersebut berdiri di samping rel mencoba mengambil selfie dengan lokomotif kereta; foto-foto saat sebelum wanita tersebut tertabrak tersebar luas di situs berita dan media sosial, dan sebuah video kecelakaan tersebut juga beredar. Wanita tersebut langsung dilaporkan meninggal di tempat ketika para responden darurat datang. Dikabarkan wanita tersebut juga sedang bersama dengan anggota keluarga lain.

Kecelakaan ini terjadi pada tur kereta Final Spike yang diselenggarakan oleh CPKC (Canadian Pacific Kansas City) untuk merayakan satu tahun bergabungnya perusahaan kereta api CP (Canadian Pacific) dan KCS (Kansas City Southern). Berdirinya CPKC ini juga menandai berdirinya perusahaan kereta api pertama yang melalui tiga negara, yaitu,  Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Dua pertiga perjalanan tur tiga negara ini telah berjalan lancar dengan tanpa adanya masalah. Namun, sisa satu pertiganya di Meksiko, tur ini mulai mendapat banyak masalah kerumunan. Sekitar dua hari sebelum kecelakaan tragis ini, tur Final Spike juga hampir merenggut nyawa seorang wanita lain. Pada kesempatan ini, seorang wanita hendak melakukan selfie juga, namun berakhir dengan kereta menghantam ponsel genggam yang dia gunakan hingga hancur.

Pihak CPKC sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga jarak aman ketika kereta tur akan melintas. Namun, masyarakat banyak yang mengabaikan himbauan tersebut. Sejauh ini, masih hanya satu korban jiwa yang diterbangkan pada tur kereta ini. Kecelakaan ini sebenarnya dapat dengan mudah dihindari. Kru tur kereta juga dapat melakukan survei rute sebelum melakukan tur tersebut. Kru tur kereta juga dapat melakukan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan rel supaya masyarakat tidak ada yang mengabaikan himbauan untuk menjaga jarak dari rel kereta ketika kereta tur melintas.

Tidak ada laporan bila kru tur kereta sudah melakukan survei rute sebelum menjalankan tur kereta ini. Banyak warga medsos yang berpendapat bahwa ini merupakan pertama kalinya bagi warga Meksiko kedatangan tur kereta antarnegara, apalagi tur dengan kereta uap sebagai penariknya seperti tur Final Spike ini.

Selama ini, masyarakat masih banyak yang menganggap remeh keselamatan jalur rel kereta. Masyarakat banyak yang tidak sadar betapa besar dan berbahayanya kereta api ketika kereta api hilang kendali atau dihalangi oleh masyarakat sendiri. Kereta api merupakan transportasi yang juga merupakan penguasa jalur darat transportasi, oleh karena itu, kereta api bukan sembarang transportasi yang bisa disepelekan penting keselamatannya.

Masyarakat juga seharusnya diberi edukasi mengenai keselamatan di rel kereta api sejak dini. Di Indonesia sendiri, kita masih sering menemukan kasus kecelakaan yang melibatkan kereta api. Seperti beberapa bulan lalu ketika sebuah kereta api di Medan menabrak sebuah truk yang mogok di tengah perlintasan yang menyebabkan truk hancur dan lokomotif kereta rusak berat. Dengan adanya edukasi keselamatan jalur rel kereta api, diharapkan masyarakat dapat menerapkan prosedur keselamatan ketika mendekati atau melintasi jalur rel kereta api.

Selfie adalah salah satu cara untuk mengabadikan diri saat kita sedang berpartisipasi atau sedang mengikuti sebuah momen yang tidak dapat terulang dengan mudah. Tetapi, kita tetap harus memastikan kita berada di posisi yang aman untuk melakukan selfie, terutama bila kita ingin selfie di dekat kereta api yang akan melintas. Keselamatan jalur rel kereta api juga sangat penting untuk dipahami masyarakat, karena kereta api dapat menjadi senjata mematikan bila tidak diperhatikan keselamatannya dengan baik. Maka dari itu, perhatikan sekitar dan pastikan kita aman sebelum melakukan selfie.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline