Lihat ke Halaman Asli

4 Tips Membuat Desain Rumah Minimalis yang Indah dan Nyaman

Diperbarui: 25 Maret 2019   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

desain rumah minimalis | pexels.com

Saat ini, dengan lahan yang semakin terbatas membuat rumah memiliki ukuran yang semakin kecil. Desai rumah seperti itu sering disebut dengan rumah minimalis, yang saat ini menjadi semakin  diminati. Saat ini, desain rumah minimalis yang tampak  sederhana semakin banyak diminati oleh masyarakat. Namun, bukan berarti dengan rumah yang berukuran kecil membuat rumah tidak nyaman ditempati.

Berikut merupakan beberapa tips untuk memaksimalkan desain rumah minimalis milik anda.

1. Maksimalkan Ruang yang Ada

Jangan menempatkan barang-barang yang tidak dibutuhkan di dalam rumah jika anda menggunakan desain rumah minimalis. Hal yang harus diperhatikan yaitu, jangan terlalu banyak menaruh perabotan di lantai rumah, cobalah menggunakan rak dinding untuk menyimpan buku ketimbang meja. Gunakan rak TV yang menempel di dinding ketimbang model lama yang memakan banyak ruang.

2. Hindari Pembatas Ruang Berlebihan

Memberi pembatas ruangan pasti harus dipikirkan saat menggunakan desain rumah minimalis. Pembatas ruangan yang dipasang secara berlebihan bisa membuat rumah menjadi lebih sempit. Untuk menyiasati nya, beberapa ruangan dapat dijadikan satu tanpa sekat dan digantikan dengan perabotan untuk menjadi pembatas. Seperti sebuah rak sederhana yang unik bisa memberikan fungsi kedua sebagai pembatas.

3. Menggunakan Warna yang Tepat

Mengecat ruangan dengan warna putih atau yang lebih terang bisa menimbulkan kesan yang luas dan lapang. Jangan menggunakan terlalu banyak warna, anda bisa mengombinasi putih, abu-abu terang dan aksen kayu yang sedang tren saat ini. Hal itu bisa anda terapkan saat merenovasi rumah atau membeli sebuah rumah baru.

4. Gunakan Cermin

Semakin besar ukuran cermin maka semakin baik, karena cermin mempunyai sifat memantulkan bayangan. Sehingga akan membantu menciptakan ilusi optik yang dapat membuat ruangan seolah-olah bertambah besar. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk rumah minimalis anda, karena seolah-olah akan menambah ruangan baru di dalam rumah.

Memanfaatkan lahan yang ada untuk menjadi rumah tinggal yang nyaman ditempati bukanlah sebuah hal yang mustahil. Dengan desain dan pemilihan interior yang tepat maka rumah yang terlihat sempit akan tetap nyaman untuk ditinggali. Terlebih saat ini telah banyak yang menawarkan desain rumah minimalis yang sederhana namun layak untuk ditinggali. Bagaimanapun desain rumah yang ditentukan, anda lah orang yang paling tahu bagaimana agar rumah anda terasa nyaman untuk ditinggali. Dengan adanya teknologi sekarang membuat desain rumah yang bagus sangatlah mudah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline