Lihat ke Halaman Asli

Ardhita aulia utari

Saya Siswa SMAN 1 Padalarang

Ayo Naik Transportasi Umum

Diperbarui: 20 Maret 2023   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hal ini diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat jika menggunakan angkutan massal, yaitu antara lain, mengurangi tingkat kemacetan, mengurangi polusi udara (ramah lingkungan), dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan yang sering dialami oleh pengguna kendaraan pribadi.

Bertambahnya jumlah mobil pribadi yang melebihi batas menimbulkan banyak masalah, dan kemacetan mulai muncul dimana-mana. Kemacetan itu sendiri adalah macet sampai lalu lintas berhenti. Biasanya kondisi ini disebabkan penumpukan kendaraan di jalan raya melebihi kapasitas yang tersedia

Penggunaan mobil pribadi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kualitas udara turun hingga membuat lingkungan menjadi lebih buruk atau tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Akibat penurunan kualitas ini mengganggu dan membahayakan lingkungan sekitar, terutama manusia, hewan dan tumbuhan.

Untuk mencegahnya, kita bisa meminimalisir penggunaan mobil pribadi dengan menggunakan transportasi umum untuk aktivitas kita sehari-hari. Oleh karena itu, pemerintah telah membuat LRT, MRT, dan KRL untuk mengurangi kemacetan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline