Lihat ke Halaman Asli

Ardi

Guru

Agar Kegiatan Pendahuluan Menarik bagi Siswa

Diperbarui: 15 Juli 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Pixabay/ Wokandapix

Membuka pelajaran atau kegiatan pendahuluan adalah salah satu poin yang termuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selebihnya kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Masing-masing guru punya caranya tersendiri dalam membuka pelajaran. Durasi sekitar 5 sampai 10 menit ini haruslah bisa dimanfaatkan dengan baik agar dapat menarik perhatian siswa untuk menyukai Anda di depan kelas.

Ini perlu menjadi perhatian utama. Karena jika dalam kegiatan pembuka saja siswa kurang tertarik, bisa jadi mereka juga tidak tertarik pada kegiatan inti nantinya. Lantas, bagaimana membuat kegiatan pendahuluan menjadi menarik?

Pertama, semangat menyapa siswa. Penuh percaya diri dapat menjadikan Anda menarik di depan siswa. Kepercayaan diri itu dapat muncul jika Anda bisa menguasai kelas. Anda juga telah menguasai materi yang akan Anda sampaikan dengan total. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuka buku pelajaran, karena sudah tahu akan apa yang akan diajarkan kepada siswa hari itu.

Kedua, menanyakan kabar siswa. Hal ini dapat dinilai siswa sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap mereka. Jika ada siswa yang tidak hadir kemarin, tanyakan apa alasannya. Atau mungkin ada yang sakit kemarin dan hari ini sudah masuk, beri nasihat untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah kena sakit.

Ketiga, memotivasi siswa. Berikan kata-kata motivasi yang dapat mendorong minat belajar siswa, khususnya pada materi yang akan Anda ajarkan. Anda dapat mencari referensi kata-kata motivasi dari seorang motivator yang sering mengisi seminar. Pelajari bagaimana ia memberikan motivasi di depan audiens sehingga menarik untuk diikuti.

Keempat, mengulang sedikit materi pada pertemuan yang lalu. Mungkin saja ada siswa yang tidak belajar atau mengulang pelajaran malam harinya. Tindakan ini dapat membuat siswa ingat apa yang telah Anda sampaikan pada pertemuan lalu, atau bagi yang tidak hadir, bisa nyambung dengan apa yang akan Anda sampaikan hari ini.

Kelima, menyampaikan infografis dari materi yang akan dipelajari hari itu. Hal tersebut mencakup tujuan pembelajaran, manfaat mempelajarinya, garis besar materi, bobot penilaian tugas, dan menyampaikan tugas praktik jika ada.

Semoga bermanfaat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline