Lihat ke Halaman Asli

Ardi

Guru

Mengenal Fungsi Huruf Ha At-Tanbih dalam Bahasa Arab

Diperbarui: 10 Januari 2023   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels

Secara bahasa, at-tanbih () artinya perhatian. Ada beberapa huruf tanbih, namun disini saya hanya menjelaskan satu saja, yaitu ha at-tanbih yang dipakai pada isim isyarah (kata tunjuk). Huruf tanbih pada isim isyarah, seperti hadza (), terletak pada huruf ha dan alif. Meskipun huruf alifnya tidak ditulis, namun sejatinya disana ada huruf alif yang kemudian dihilangkan karena seringnya penggunaan.

Sehingga penulisan dan pengucapan yang benar adalah ha at-tanbih (( , bukan ha-ut tanbih (( , karena jika kita mengucapkan ha-ut tanbih, berarti hurufnya hanya satu yaitu huruf ha saja.

Sebagaimana artinya secara bahasa, maka ha at-tanbih adalah ha yang berfungsi untuk mencuri perhatian lawan bicara agar ia memperhatikan isyarat yang kita tunjuk pada benda yang sedang ditunjukkan. Misalnya hadza qolamun ( ) maka artinya, hey perhatikan saya, ini adalah pena.

Fungsi dari haruf tanbih ini mirip seperti huruf nida', huruf yang digunakan untuk menyeru atau memanggil, sebagaimana kita mengucapkan "ya zaidu", wahai zaid, maka tujuannya adalah agar zaid itu menoleh dan memfokuskan pandangannya pada kita.

Sedangkan jika lawan bicara kita sudah fokus pada maksud yang kita sampaikan, maka tidak perlu lagi kita gunakan ha at-tanbih ini. Misalnya ada yang bertanya "ainal qolam?", dimana pena?, maka kita jawab "dza" (), ini, tanpa huruf tanbih.

Itu juga sebabnya ha at-tanbih ini tidak pernah bertemu dengan laamul bu'di, yaitu huruf lam yang menunjukkan jarak yang sangat jauh. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Malik " () " yaitu huruf lam jika isim isyarah (kata tunjuk) didahului oleh huruf tanbih maka terlarang hukumnya.

Tidak boleh kita mengatakan ha dzalika (), karena disana ada ha dan ada lam. Fungsi ha disini adalah untuk menunjukkan benda-benda yang bisa kita lihat bendanya atau bisa kita tunjuk. Adapun jika jaraknya tidak terlalu jauh, maka boleh kita mengucapkan hazaka (), tanpa laamul bu'di.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

Dr. Rizki Gumilar. Huruf Tanbih -- Faedah Bahasa Arab. Yufid EDU, YouTube Video, 4:03. 8 Januari 2023.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline