Lihat ke Halaman Asli

Ardi

Guru

Antara Perangkat Pembelajaran dan Kemampuan Siswa

Diperbarui: 26 Juli 2022   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay/ Wokandapix

 Program tahunan atau yang sering disebut prota, merupakan salah satu dari beberapa perangkat pembelajaran yang harus dipunyai oleh guru yang akan mengajar setiap tahun ajaran baru. 

Prota ini bertujuan untuk memetakan materi pelajaran, yang menjadi target sampainya pembelajaran kepada siswa dalam kurun waktu tertentu. Dan harus dituntaskan.

Prota sendiri dirancang untuk satu tahun ajaran, yang biasanya dimulai dari bulan juli dan berakhir pada bulan juni tahun berikutnya. Didalamnya akan memuat alokasi waktu pembelajaran selama satu tahun yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. 

Nantinya, dari hari efektif yang didapat setiap bulannya, akan dihitung berapa kali ia mengajar di kelas tersebut sesuai jadwal roster pelajaran.

Maka, akan didapatlah jumlah akumulatif untuk semester ganjil berapa kali pertemuan, begitu juga untuk semester genap. Seyogyanya prota yang dibuat oleh satu guru tidaklah akan bisa sama dengan guru yang lain. Walau kedua guru tersebut memilik alokasi waktu yang sama, mata pelajaran yang sama, dan jadwal roster pelajaran yang sama.

Beberapa sebab diantaranya, siswa yang mereka hadapi berbeda. Bisa jadi siswa yang ditangani oleh salah satu guru merupakan siswa-siswa yang pintar, namun tidak begitu dengan guru yang satunya lagi. 

Ilustrasinya begini, untuk menyelesaikan satu materi, guru A bisa menghabiskan hanya dua jam pelajaran pada kelasnya, karena siswa-siswanya yang pintar.

Namun guru B butuh waktu empat jam pelajaran, atau dua kali pertemuan, jika sekali pertemuannya dua jam pelajaran untuk menyelesaikan materi yang sama. Itu mengapa prota yang dibuat tidak bisa sama antara dua guru mata pelajaran yang sama.

Yang kedua, pastinya target menyelesaikan materi pelajaran juga tidak akan tuntas. Misalnya dalam satu tahun ada dua belas materi pelajaran, mungkin guru B hanya bisa menyelesaikannya sebanyak sepuluh materi pelajaran. Lalu, masih relevankah berkiblat pada prota?

Jika guru harus menghabiskan sekian materi dalam satu tahun, bisa jadi siswa yang kurang pintar akan melewatkan materi begitu saja. Mengapa demikian? Karena waktu yang terbatas. Dalam waktu sekian bulan guru harus sudah menyelesaikan beberapa materi sebagaimana tertuang dalam perangkat pembelajaran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline