Lihat ke Halaman Asli

Keamanan Lingkungan termasuk Keamanan Internasional?

Diperbarui: 19 Maret 2020   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Apa itu keamanan lingkungan? Keamanan lingkungan menjelaskan ancaman yang terjadi di lingkungan sekitar yang berhubungan dengan manusia, masyarakat, atau bangsa. Keamanan lingkungan fokus pada efek konflik yang disebabkan oleh manusia dan hubungan internasional terhadap lingkungan serta bagaimana masalah lingkungan bergerak melintasi batas negara. Menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Walaupun pemerintah telah menjamin keamanan kita, dengan mengerahkan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi dan tentara, sebagai warga negara kita tetap harus bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing.

Kita harus mendukung adanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan yang bisa saja terjadi sewaktu waktu Di Indonesia, ada namanya sistem keamanan lingkungan atau disingkat menjadi siskamling.

Siskamling ini ada untuk menjadi salah satu upaya masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk kejahatan. Tetapi di daerah perkotaan, masih jarang adanya siskamling. Ini disebabkan oleh berbagai faktor. Tapi faktor yang paling sering di jumpai yaitu karena kesibukan warga  terhadap pekerjaan yang tidak memungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan tersebut.

Faktor penyebab yang lain bisa saja karena warga masyarakat saat ini menganggap bahwa kondisi keamanan lingkungan di perkotaan sudah aman karena adanya polisi dan sebagainya sehingga mereka berpikiran tidak perlu lagi melakukan kegiatan siskamling. (admin, 2017)

Keamanan lingkungan tidak hanya membahas tentang keamanan lingkungan rumah kita sekitar tetapi bisa juga membahas tentang lingkungan hidup seperti hutan, Kenapa? Karena kebersihan lingkungan juga berperan penting dalam kehidupan manusia. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang  penyakit, tidak hanya di bidang kesehatan, tapi di bidang kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

Hal yang tidak kalah penting  adalah menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. Selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita.Dengan adanya pohon yang rindang, taman yang asri, otomatis kita akan menjadi nyaman dan betah di rumah maupun di kantor dalam melaksanakan tugas sehari-hari. (admin, Jaga Kebersihan Mulai Dari Lingkungan Sekitar Kita, 2017)

Bisa kita ambil contoh seperti kejadian kebakaran hutan Amazon, hutan amazon disebut sebagai paru paru dunia karena memiliki peran penting yaitu menyerap karbon dioksida. Jika hutan Amazon terbakar habis maka iklim di dunia akan semakin tidak terkendali, jadi masalah ini menjadi masalah internasional karena akan berpengaruh ke seluruh negara (CNN Indonesia, 2019).

Di Indonesia juga pernah terjadi kejadian yang mirip yaitu di kawasan hutan Kalimantan alias di borneo, setiap tahun hutan borneo semakin gundul dimana pada tahun 2011 hutan yang tersisa sekitar 60%, jadi Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia bekerja sama untuk memelihara hutan tersebut agar tidak bertambah parah, bahkan WWF pun turun tangan dalam menangani hal ini.(Tomasek, Paddenburg, & Wwf, 2009) Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas dari Ibu Nur Aslamiah Supli, BIAM., M.SC. salah satu dosen dari mata kuliah Studi Keamanan Internasional.

Bibliography

admin. (2017, November 19). Jaga Kebersihan Mulai Dari Lingkungan Sekitar Kita. Retrieved Maret 11, 2020, from kominfo.lomboktimurkab.go.id: https://kominfo.lomboktimurkab.go.id/baca-berita-149-jaga-kebersihan-mulai-dari-lingkungan-sekitar-kita.html

admin. (2017, November 19). Pentingnya Menjaga Keamanan Lingkungn. Retrieved Maret 10, 2020, from kominfo.lomboktimurkab.go.id: https://kominfo.lomboktimurkab.go.id/baca-berita-150-pentingnya-menjaga-keamanan-lingkungan.html

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline