Lihat ke Halaman Asli

Arda Paramida Putri

Mahasiswa Karyawan/Bekerja di perhotelan

Staycation Tidak Perlu Jauh

Diperbarui: 7 Juli 2023   17:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Staycation merupakan liburan singkat di daerah sendiri dan relative dilakukan di dekat rumah, serta diminati banyak orang untuk menghabiskan waktu 1-2 hari bersama keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya.

Terdapat beberapa alasan perlu adanya staycation. Alasan Pertama, berlibur untuk refreshing, releksasi, atau bersenang-senang sebelum akhirnya bertemu lagi dengan kesibukan setiap harinya. Alasan Kedua, liburan jauh lebih mudah direncanakan dari pada gaya liburan umumnya yang diharuskan keluar kota, dan staycation ini bisa dilakukan pada saat waktu liburan ke sebuah hotel, apartement atau villa tempat yang tentunya jaraknya tidak jauh dan sedang ramai dikunjungi.

Pada akhirnya, menginap pada suatu tempat merupakan suatu solusi yang sangat baik untuk menghemat uang dan menghargai lingkungan sambil menikmati liburan dan tidak perlu jauh dari tempat tinggal itu sendiri.

Sementara menurut Cambridge Dictionary, definisi staycation adalah liburan yang dilalkukan di rumah atau di dekat rumah tanpa perlu melakukan perjalanan jauh. Sementara itu, Vackova (2009) menjelaskan staycation adalah melakukan eksplorasi dan menikmati lingkungan di sekitar rumah dengan menginap di hotel atau ke lokasi wisata di kota-kota lain yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

Yang perlu kita ketahui mengenai bagaimana cara kita menikmati liburan atau staycation bersama keluarga, teman atau orang terdekat kita dengan benar. Sebaiknya memilih tempat penginapan secara nyaman dan sesuai budgeting, setelah itu menghabiskan waktu secara berkualitas dengan orang terdekat, kemudian hunting foto untuk menambah kenangan bersama orang terdekat. Dengan melakukan kegiatan tersebut dapat membantu memperbaiki kesehatan mental atau menurunkan stress, dan membuat pikiran jernih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline