Lihat ke Halaman Asli

Fatkhul Muin kabarseputarmuria

TERVERIFIKASI

Jurnalis Warga,Wiraswasta,YouTuber

Mbah Rifai, " Empu Layang-Layang " Dari Jepara

Diperbarui: 25 Juli 2015   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jepara – Hobi jika ditekuni akan menjadi profesi yang bisa menambah penghasilan untuk keluarga. Meski tidak besar namun jika disyukuri akan menjadi berkah. Selain itu dari hobi ini juga bisa melihat-lihat atau berkeliling nusantara.

“ Kalau festival layang-layang tingkat nasional hampir seluruh nusantara sudah saya jelajahi. Mulai dari Ujung Aceh sampai dengan Papua.Sedangkan untuk luar negeri saya pernah ke Malaysia “, ujar Mbah  Rifai (60) empu layang-Layang dari Jepara pada kabarseputarmuria.com di pantai desa Semat ,Sabtu (25/7)

Ahmad Rifai yang pensiunan Guru Seni SD Krapyak mengatakan, membuat layang-layang adalah hobi yang ia tekuni sejak tahun 1994 . Ketika itu ia mengajar seni dan didalamnya ia juga mengajar membuat layang-layang. Sehingga diberbagai kesempatan iapun menularkan ilmu membuat layang-layang kepada siapapun.

“ Selain kepada anak didik kami di sekolah , saya juga menularkan ilmu membuat layang kepada penggemar layang-layang yang tersebar di selruh wilayah Jepara. Setiap kecamatan di Jepara ada komunitas penggemar layang-layang”, ujar Kakek yang masih kelihatan energik ini.

Menurut Rifai , sejarah layang-layang sudah ada sejak kerajaan Majapahit dahulu. Sungging Prabangkara itulah tokoh yang pertama menaiki layang-layang. Dai inspirasi sejarah itulah maka hobi membuat layang-layang tidak hilang meski ia pension dari guru Seni. 

Dirumahnya desa Mantingan RT 02 RW 02 tersedia berbagai layangan yang bisa dibeli. Ia membuat beragam layang-layang dengan model dan gambar yang unik. Bahannya juga dari bahan sederhana seperti kertas sampai dengan bahan kain parasut berwarna- warni.

Modelnya juga bermacam-macam mulai bentuk segi empat layang-layang standar sampai dengan kelelawar, burung sampai dengan kapal laut komplit dengan layarnya.Bahkan ia juga bisa membuat layang-layang model luar negeri misalnya Delta , kapal terbang dan masih banyak lagi yang lainnya.

“ Layang-layang identik dengan pantai , sehingga saya memamerkan layang-layang saya ini di pantai Semat ini  , jika ada yang beli ya silakan jika tidak ya tak mengapa yang penting mereka bisa tahu bahwa layang-layang itu bermacam-macam “, papar Rifai.

Peran pemerintah Jepara  dalam melestarikan seni layang-layang ini akhir-akhir ini kurang begitu responsive. Kala Pemerintahan Hendro Martoyo ada angin segar . Namun demikian Rifai yang biasa tombok dalam setiap festival tidak begitu mempedulikannya. Dengan dana mandiri ia tetap terus menggelorakan seni dan olah raga layang-layang ini. Dirumahnya ada puluhan layang-layang yang bisa dibuat ajang pembelajaran bagi siapa saja yang cinta atau suka pada layang-layang ini.

“ Setiap waktu di rumah saya tersedia beragam layang-layang yang bisa dilihat juga di beli. Beberapa waktu yang lalu ada buyer dari Malasyia yang tertarik untuk memasarkan layang-layang ke negeri jiran itu “, kata Rifai bangga. (Muin)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline