Lihat ke Halaman Asli

Arif Rahman

Freelancer

Wujudkan Mimpi Bebas Polusi Bersama Honda EM1

Diperbarui: 6 November 2023   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Macet Menyebabkan Polusi Udara Semakin Tinggi, Foto : Unsplash 

Sejak status pandemi berangsur membaik hingga berubah menjadi endemi, mobilitas masyarakat kembali seperti sedia kala. Peningkatan drastis kendaraan roda dua (motor) dan roda empat (mobil) kembali memadati lalu lintas di kawasan Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Akibatnya, langit yang sebelumnya terlihat bersih dan cerah, kembali berselimut awan kelabu.

Di kalangan masyarakat, fenomena ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Di warung-warung kopi, caf hingga pekerjaan kantoran selalu ramai membahasnya.

Di sisi lain, pemerintah pun tak mau ketinggalan menunjukkan aksinya. Berbagai cara dan kebijakan pun dilakukan. Mulai dari menyiram jalanan, memodifikasi cuaca, menyemprotkan air dari atas gedung pencakar langit, hingga kembali melakukan uji coba work from home bagi ASN. Yang tak kalah menarik, ide razia emisi yang beberapa bulan lalu ramai ditentang kini kembali digalakkan.

Kendaraan Listrik Masa Depan Transportasi Indonesia

Ilustrasi Kendaraan Listrik, Foto : Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal

Dari data pemerintah, penyumbang polusi udara di Kawasan Jakarta dan sekitarnya ternyata disumbang oleh emisi kendaraan bermotor. Persentasenya pun terbilang besar, kurang lebih 44%.

Berdasarkan data tersebut, wacana penggunaan kendaraan listrik pun kembali bergulir. Ide ini diyakini sebagai salah alternatif untuk menekan polusi sekaligus pemanasan global. Bahkan pemerintah sudah dari jauh-jauh hari terus mendorong masyarakat secara bertahap untuk menggunakan kendaraan listrik. Hal ini bisa dilihat dari para aplikator transportasi online, DAMRI hingga beberapa bus Trans Jakarta yang sudah menggunakan kendaraan listrik.

Kini, populasi kendaraan listrik perlahan-lahan mulai banyak beredar di masyarakat. Sebut saja sepeda motor listrik yang jumlah sudah mencapai 10.000 unit. Meski populasi kendaraan listrik belum terlalu melesat, tapi perlahan-lahan antusias masyarakat untuk menggunakannya semakin banyak. Harapan untuk menjadikan kendaraan listrik sebagai transportasi masa depan pun terbuka lebar.

Wujudkan Mimpi Bersama Honda

Booth Honda di IMOS+ 2023, Foto : AHM Honda

Bak gayung bersambut, mimpi untuk menekan polusi udara dan menjadikan kendaraan listrik sebagai alternatif pilihan semakin nyata di depan mata. Para produsen kendaraan bermotor berlomba-lomba untuk memproduksi berbagai macam kendaraan listrik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 bertempat di Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, pada 25-29 Oktober 2023.

Dengan mengusung semangat Satu Hati Penuh Arti, AHM ingin menginspirasi konsumen untuk berani mewujudkan mimpinya. Mimpi untuk mewujudkan udara bersih lewat berbagai aktivitas bersama kendaraan kesayangan. Misalnya bersama sepeda motor Honda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline