Lihat ke Halaman Asli

Hal-hal yang Disepelekan tetapi Berbahaya untuk Kesehatan

Diperbarui: 14 Januari 2020   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sudah tidak heran lagi bahwa kesehatan memang sangat mahal harganya,  karena tubuh yang sehat juga dapat mendukung melakukan aktivitas tanpa hambatan. Dan berikut ini hal hal yang disepelekan tetapi berbahaya untuk kesehatan :

1. Ada yang sering males gerak?

Guys, sebaiknya jangan dibiasakan mager ya, karena kebiasaan dapat memperburuk kesehatan mental lohh. Tidak hanya membuat gemuk, jarang bergerak juga akan memperburuk kesehatan mental, , dan lebih berisiko mengalami despresi dan kecemasan.padahal dengan banyak bergerak, tubuh akan menghasilkan endorfin yang akan membuat kita lebih bahagia dan meningkatkan rasa percaya diri.

2. Ada yang sering kentut?

Tahukah kamu kentut merupakan tanda bahwa didalam tubuh kita terdapat banyak korbondioksida yang harus dikeluarkan. Sering buang angin atau kentut dihadapan banyak orang pasti akan mengganggu dan dianggap jorok, padahal kentut yang sering menandakan orang tersebut sehat. Karena sehari kentut masih dianggap normal dan sehat ketika dikeluarkan sebanyak 14 kali dan 3-5 kali ketika tidur. Dengan kentut tubuh akan melepaskan dua zat , yaitu karbondioksida dan metana. Jika tidak dikeluarkan maka akan berisiko muncul rasa sakit pada abodemen

3. Ginjal bisa rusak jika terus--menerus melakukan hal sebagai berikut:

  • Kurang minum, kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi kronis pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan racun yang tidak mudah dihilangkan oleh ginjal
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit, sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan  kerusakan pada ginjal
  • Konsumsi alkohol, alkohol sebenarnya adalah racun. Sehingga konsumsi berlebihan atau sering, dapat mengganggu kerja ginjal dan menyebabkan kerusakan.
  • Konsumsi garam yang berlebihan, garam merupakan mineral penting bagi tubuh, namun konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi banyak tekanan pada ginjal
  • Konsumsi gula berlebihan, asupan gula berlebihan membahayakan kesehatan ginjal dan mengurangi fungsinya.
  • Terlalu banyak protein hewani, konsumsi daging berlebihan, terutama daging merah, akan memproses terlalu banyak protein kedalam tubuh  sehingga meningkatkan beban metabolisme pada ginjal dan menyebabkan disfungsi dan kerusakan ginjal.
  • Menahan buang air kecil, hal ini akan memberika banyak tekanan pada ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit ginjal, gagal ginjal, dan inkontinensia
  • Begadang, dengan kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, karena selama tidur, tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan diri dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ginjal.

4.  Jangan pernah membunyikan leher apalagi sampai berbunyi KREEK

Jangan kebiasaan ya guys, karena dileher juga terdapat pembuluh darah utama ke otak, makin kebelakang, terdapat struktur tulang belakang yang di dalamnya ada sumsuntulang belakang dan pembuluh darah ke otak.

5. Meskipun terasa enak dipijak-pijak punggung, tapi jangan dilakukan karena dapat berakibat fatal lohh. Karena beban tubuh seseorang yang sangat berat saat menginjak punggung bisa memicu tekanan berlebihan , jauh lebih tinggi dari kekuatan ligamen dan buku buku pada tulang punggung. Alhasil, justru akan meningkatkan resiko terkena cedera tulang punggung atau bahkan pergeseran tulang dengan signifikan.

Memperhatikan kesehatan sangatlah penting buat setiap orang, dan kebahagiaan juga akan terasa indah jika dibarengi dengan fisik dan jiwa yang sehat, Ingin sehat ? Ayo merubah pola hidup kita lebih baik lagi mulai dari sekarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline