Lihat ke Halaman Asli

Komunikasi Polri dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Diperbarui: 28 Februari 2017   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuaidengan undang-undang salah satunya mengemban fungsi pembinaan.  Fungsi pembinaan pada umumnya diemban olehfungsi Bimmas, sebagai salah satu fungsi preemtif. Melalui fungsi pembinaanini, Polri berusaha meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. Harapan  dari komunikasi yang baik dengan masyarakattersebut adalah meingkatnya kedekatan antara Polri dengan seluruh lapisanmasyarakat. Sehingga program Trust Building Polri semakin lekat denganmasyarakat.

Dalam berkomunikasi seluruh anggota Polriharus memperhatikan hal hal yang bisa menjadikan komunikasi efektif.  Sebagai contoh pada saat seorang anggota Polrimelakukan penyuluhan terkait Narkoba bisa mempedomani kajian SOSTAC, yaitu :

l  SITUATION 

     Bagaimana masyarakat di sana, karakteristik. Seperti pendidikan,penghasilan, usia, kebiasaan-kebiasaan dan tradisi yang ada. Siap tidakkomunikator beradaptasi dengan lingkungan di sana? Dari yang paling mudahadalah penggunaan bahasa daerah. Memahami perilaku yang ada. 

l  OBJECTIVE 

     Apa tujuan yang ingin dicapai? Apakah nanti para remaja menjadi tahu,menghindari atau malah ikut memberantas. Objectives ini diikuti dengankemampuan dan usaha komunikator dalam menyampaikan pesan.

l  STRATEGY 

     Strategi apa yang digunakan, apakah pull strategy dan pushstrategy? Bila Push strategy kegiatan apa yang utama dilakukan. Apakahpendekatan dan datang langsung ke masyarakat lewat penyuluhan-penyuluhan danpenerangan (push strategy)- below the line? Atau apakahmenggunakan media massa dengan membuat iklan, promosi dan lain-lain secararutin (pull strategy)-a bove the line

l  TACTICS 

     Taktik apa yang digunakan sesuai dengan pertimbangan yang ada. Lebihkepada aspek langsung, misalnya menggunakan model public speaking impromtudengan menggunakan media massa Film. Tujuannya menimbulkan empati kepadakhalayak tujuan. Di sini harus ada figur atau simbol Polri dalam menyampaikananti narkoba tersebut. Posisi Polri sebagai apa dalam kampanye ini juga harussudah ditentukan. Guna mendramatisasi kasus kepada khalayak.

l  ACTION 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline