Pesebaran knalpot racing berkualitas di Indonesia begitu variatif, berbagai macam bentuk lekukan mulai dari minimalis sampai yang besar sehingga membuat look motor anda semakin gagah. Akan tetapi bukan hanya sampai disitu keunggulan dari knalpot racing, sektor peningkatan tenaga motor juga menjadi keunggulan lain yang menjadikan bahan pertimbangan banyak orang ketika hendak membeli.
Selain dapat mendongkrak tenaga dan mempercantik look sepeda motor, knalpot racing bisa dijadikan sebagai alat keamanan dalam berkendara. Loh kenapa bisa disebut seperti itu? Bukan kah kegunaan dari mengganti knalpot racing hanya sampai disitu? Sedikit gambaran dari penulis serta pengalaman yang sama dari beberapa teman -- teman anak motor mengenai hal ini.
Pernah suatu ketika saat sedang berkendara sepeda motor dijalan besar dengan posisi knalpot sudah racing, saya hampir tersenggol truk yang hendak berbelok serong. Beruntungnya body truk tersebut tidak mengenai motor karena supir ter -- notice akan suara knalpot racing. Mungkin akan lain cerita apabila memakai knalpot standart dan hanya mengandalkan suara dari klakson, sebagaimana kita tau suara knalpot motor bawaan pabrik cenderung tidak ada suaranya alias senyap.
Produsen -- produsen brand lokal sudah banyak yang membuat knalpot berdasarkan research mendalam sejak lama, yakni dari banyak jenis motor, perbedaan skala CC, perhitungan kompresi mesin, dan lainnya. Beberapa produsen knalpot brand lokal seperti DX Generation, R9, dan Proliner adalah produk yang menjadi pilihan kalangan anak motor Indonesia. Mengapa demikian? Karena selain mendapat hasil research mendalam sejak lama sehingga bertambahnya tenaga pada mesin sepeda motor kita, harga dari ketiga brand tersebut tergolong terjangkau bagi para pelajar/mahasiswa.
Pengaplikasian knalpot racing membutuhkan cara, alat, dan Langkah -- Langkah pada bagian ini. Sebagian orang yang sudah terbiasa dengan komponen motor sudah tentu tidak akan kebingungan lagi bagaimana cara mengganti knalpot sendiri, akan tetapi bagi mereka yang masih awam pastinya akan kesulitan dan tidak mengetahui tekniknya.
Langkah melepas knalpot motor tidak sulit jika mengerti step by stepnya. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu gunakan standar tengah agar posisi ban belakang terangkat, apabila motor anda 250CC ke atas yang dimana kebanyakan motor pada CC tersebut tidak memiliki standar tengah, maka gunakan paddock. Kedua, jika motor baru saja anda pakai, tunggu sejenak sampai suhu knalpot menjadi dingin dan jangan memaksakan kehendak apabila motor masih dalam keadaan panas, karena akan membuat kulit melepuh. Ketiga, lepas baut dibagian footstep, karena komponen ini letaknya diatas knalpot. Keempat, lepas dua buah spring yang mengaitkan antara knalpot dan header lalu tarik lepas secara perlahan ke arah belakang.
Sedangkan langkah memasang knalpot racing kurang lebih sama seperti melepasnya. Ketika hendak memasang knalpot, pastikan leher knalpot berada di posisi yang benar. Lalu kencangkan baut di bagian pemegang leher knalpot, kencangkan juga baut yang ada di footstep belakang. Kemudian jangan lupa untuk memasang kembali footstep yang telah dilepas tadi. Setelah dipastikan terpasang dengan tepat, saatnya anda mencoba untuk menyalakan motor. Perhatikan pada bagian pemegang leher knalpot, jika tidak ada asap yang keluar (bocor) di area tersebut, maka knalpot racing telah terpasang dengan benar.
Plus dan minus sudah pasti ada ketika mengganti knalpot racing, plusnya adalah tenaga motor akan bertambah apabila memilih barang yang tepat, maksudnya kecocokan pemilihan antara si knalpot dengan kompresi motor anda, dan menjadi alat keselamatan berkendara yang terduga. Sedangkan minusnya bagi sebagian orang akan merasa terganggu dengan knalpot racing karena suaranya sudah tentu cenderung keras dan konsumsi bahan bakar menjadi sedikit boros karena disebabkan pentiadaan Catalytic Converter yang ada pada bagian header atau pipa penghubung antara knalpot dengan mesin.
Produk knalpot racing buatan luar memang tidak diragukan lagi kualitasnya, akan tetapi brand lokal pun tidak kalah juga akan hal demikian, pada pict diatas secara bentuk buatan lokal kurang lebih sama (bukan berarti copy produk). Harga produk buatan luar bisa menjadi dua kali lipat dari lokal dikarenakan adanya pajak export dan import barang serta sudah memiliki nama lebih besar. Dengan memakai knalpot lokal, secara tidak sadar anda telah mensupport karya anak bangsa.
Itulah beberapa langkah bagaimana cara memasang knalpot racing agar tenaga motor anda dapat terdongkrak dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengaplikasikan knalpot racing pada motor kesayangan anda. Terima kasih!