Lihat ke Halaman Asli

Arbi Rizky

Masih Belajar

Kenali Etika dalam Aplikasi Online Dating!

Diperbarui: 24 Mei 2019   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Online dating sering digunakan khusus nya untuk menjadi 'ajang pencarian jodoh' berbasis digital, namun tak semua orang memahami etika dalam penggunaan aplikasi tersebut, karena menganggap hanya menjadi main-mainan semata. Sebenarnya etika yang dimaksud bukan menyinggung hukum yang berlaku di Negara melainkan bagaimana kita dapat memberikan treatment yang baik terhadap seseorang yang kitapun belum mengenalnya.

Etika dalam penggunaan online dating tak berpengaruh terhadap perbedaan gender dari setiap individu yang terlibat, tetapi bagaimana setiap individu tersebut dapat menghargai hak privasi dalam bersosialisasi. Well, sebelum mulai mengunggah aplikasi tersebut, langsung saja simak apa saja etika yang perlu kita terapkan.

1.Kejujuran adalah hal terpenting!

Bagaimanapun kamu memandangnya, kejujuran sangat penting ketika kita menjalin hubungan (baik percintaan atau pertemanan). Tentu kebohongan yang dibangun saat berperandalam sebuah online dating adalah kesalahan yang fatal, dengan berpura-pura menjadi seseorang yang bertolak belakang dengan kepribadian kita, semata-mata hanya untuk membuat lawan jenismu terkesan.

Internet mungkin dipenuhi dengan pembohong -- tetapi menipu jati dirimu sama dengan memulai titik awal yang buruk untuk segala jenis hubungan. Bagaimana bisa kamu mendapatkan pasangaan yang tepat kalau diawali dengan kebohongan?

2. Jangan menjadi orang yang menyebalkan

Jika kamu tidak tertarik untuk menjalani hal-hal lebih lanjut, sudahi pembicaraan karena kamu hanya akan membuang waktu, baik diri kamu dan silawan bicara. Ada banyak individu diluar sana yang tidak memiliki niat untuk mengejar hubungan yang tulus dan menggunakan situs online dating hanya sebagai mencari kesenangan semata (cause they just wanna have fun with that).So, jangan menjadi orang yang menyebalkan di Internet ya!

3. It's Okay to Explore Things

Mendekati banyak orang hanya untuk bersenang-senang adalah perilaku yang sebenarnya tak patut dibenarkan, baik secara online maupun offline. Tetapi jika kita memang serius, Ada baiknya kamu lebih memahami mana yang baik dan buruk untuk diajak berbincang --- bukan berarti 'memilih' teman, tetapi alangkah lebih baik kalau kamu melakukan observasi dulu sebelum mengenal lebih jauh.

Meng-explore pilihan sebelum terjun kehubungan berikutnya adalah bagian integral dari etoson line dating. Karena online dating merupakan semacam permainan angka, kita pastiakan memiliki beberapa kontak yang sedang berjalan sekaligus. Ini adalah praktik umum --- dan sesuatu yang dipahami semua orang.

4. Proses pengenalan tetap harus dengan kesabaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline