Lihat ke Halaman Asli

arbain nabila

Mahasiswa

Strategy Evaluation

Diperbarui: 27 Juni 2024   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hampir semua ahli siasat perusahaan setuju bahwa evaluasi strategi sangat penting untuk kebaikan organisasi. Evaluasi strategi didefinisikan sebagai tahap proses manajemen strategi dimana manajer puncak mencoba menjamin bahwa strategi yang mereka pilih terlaksana dengan tepat dan mencapai tujuan perusahaan. Strategi terbaik diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik menjadi usang ketika lingkungan eksternal dan internal perusahaan berubah. Oleh karena itu, penting bagi penyusun strategi untuk secara sistematis meninjau, mengevaluasi, dan mengontrol pelaksanaan strategi (Watunglawar, 2022).

A. HAKEKAT EVALUASI STRATEGI

Dalam (Watunglawar, 2022) Evaluasi strategi merupakan sebuah tahap proses penilaian dari hasil kinerja perusahaan yang sesungguhnya dengan implementasi strategi yang diterapkan perusahaan dibandingkan dengan kinerja yang diharapkan. Evaluasi strategi mencakup tiga kegiatan dasar:

1. Meneliti dasar-dasar yang mendasari strategi perusahaan

2. Membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya

3. Mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana

Proses evaluasi strategi diawali dengan menentukan apa yang akan diukur. Ada empat standar yang bisa dipakai untuk mengevaluasi keberhasilan sebuah strategi, yaitu:

1. Konsistensi

2. Kelayakan

3. Keunggulan

4. Kesesuaian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline