Hampir semua ahli siasat perusahaan setuju bahwa evaluasi strategi sangat penting untuk kebaikan organisasi. Evaluasi strategi didefinisikan sebagai tahap proses manajemen strategi dimana manajer puncak mencoba menjamin bahwa strategi yang mereka pilih terlaksana dengan tepat dan mencapai tujuan perusahaan. Strategi terbaik diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik menjadi usang ketika lingkungan eksternal dan internal perusahaan berubah. Oleh karena itu, penting bagi penyusun strategi untuk secara sistematis meninjau, mengevaluasi, dan mengontrol pelaksanaan strategi (Watunglawar, 2022).
A. HAKEKAT EVALUASI STRATEGI
Dalam (Watunglawar, 2022) Evaluasi strategi merupakan sebuah tahap proses penilaian dari hasil kinerja perusahaan yang sesungguhnya dengan implementasi strategi yang diterapkan perusahaan dibandingkan dengan kinerja yang diharapkan. Evaluasi strategi mencakup tiga kegiatan dasar:
1. Meneliti dasar-dasar yang mendasari strategi perusahaan
2. Membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya
3. Mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana
Proses evaluasi strategi diawali dengan menentukan apa yang akan diukur. Ada empat standar yang bisa dipakai untuk mengevaluasi keberhasilan sebuah strategi, yaitu:
1. Konsistensi
2. Kelayakan
3. Keunggulan
4. Kesesuaian