Lihat ke Halaman Asli

Menengok Sejarah Katana

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sebelum masuk pembahasan mengenai sejarah katana, ada beberapa hal yang perlu diluruskan dalam mindset mayoritas masyarakat kita. Banyak orang lebih mengenal kata “samurai” dibandingkan kata katana itu sendiri, dan mereka menggambarkan bahwa “samurai” adalah pedang itu sendiri. Padahal yang benar adalah “samurai = pemegang katana/pedang”, dan “katana = pedangnya samurai”

Katana (刀) adalah pedang panjang Jepang (daitō, 大刀), walaupun di Jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana adalah kunyomi (sebutan Jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan Hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai Jepang. -wikipedia-

Dari abad ke 3 sampai abad ke-8, pengrajin pedang Cina dan Korea datang ke Jepang, dan pada waktu itu pedang yang biasanya lurus, dibuat Korea dan Cina. Pedang Tsurugi Bermata dua diterima sebagai hadiah dari Cina, dan mereka tercatat sebagai pedang paling pertama yang dimiliki oleh Jepang. Ken (ryo-to-ken) dilakukan selama 7 sampai abad ke-8. Tachi berkembang menjadi katana selama pertengahan abad ke-10, karena penunggang kuda Jepang memerlukan senjata yang cocok untuk serangan kejutan.

Heian Periode: 794-1184

Pedang pertama dibuat di Jepang berbentuk lurus dan memiliki kualitas rendah yang mereka tidak bertahan lama karena iklim. Pada saat itu, pengrajin pedang tidak menguasainya sampai di pertengahan Periode Heian (794-1184). Metode baru dalam menempa pedang yang digunakan menciptakan pisau dengan permukaan keras dan pertengah yang lunak. Hal ini juga selama usia ini para pembuat pedang menempatkan tanda tangan pada kreasi mereka. Sebuah tachi (pedang melengkung lebih lama dari Katana) ditempa oleh Sanjo Munechika sebagai pisau pertama yang di tanda tangani.

Kamakura Periode: 1190-1337

Ini adalah waktu ketika pembuatan pedang menjadi sangat populer dan para pandai besi pedang telah berkumpul di satu tempat. Teknik penempaan pedang yang terbaik berada selama tahun 1190-1337 (periode Kamakura), sehingga banyak dari pedang berharga sebagai harta nasional yang dilakukan selama periode ini.

Nanboku-cho Periode: 1334-1393

Tahun 1334-1393 adalah Nanboku-cho periode dan pemberontakan dan konflik antara dua kaisar Godaiko (Go-Daigo Pengadilan Selatan) dan Ashikaga Takauji (Court Northern) berada di tangan. Hal ini telah menyebabkan perang selama lebih dari 50 tahun dan permintaan untuk pedang meningkat pesat. Pedang panjang diciptakan dan cocok untuk pertempuran dengan berjalan kaki.

Muromachi Periode: 1337-1570

Selama tahun 1337-1570 (periode Muromachi), samurai Jepang memerlukan pedang panjang dengan berat yang lebih cocok untuk perkelahian satu lawan satu. Beberapa pedang panjangnya lebih 3 ft. (90cm). Pada periode ini pedang yang melengkung dan lebih pendek dari tachi tradisional. Dengan pemotong yang menghadap ke atas membuat pemakainya ketika menebas lawan menjadi sangat lebih mudah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline