Lihat ke Halaman Asli

6 Penyair Kalsel Lolos Kurasi Festival Sastra Internasional

Diperbarui: 27 Juni 2022   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Facebook//Lulungkang Lanting Banjar

Kegiatan berskala lintas negara, Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2022, telah mengumumkan nama penyair dan karya sastranya (puisi) yang lolos kurasi pada 15 Juni 2022.

Ada 6 Penyair Kalimantan Selatan (Kalsel) yang lolos kurasi, yaitu Ali Syamsudin Arsyi, Ariffin Noor Hasby, A. Rahman Al-Hakim, Buya Al Banjari, Fahmi Wahid, Hudan Nur dan Rezqie M.A. Atmanegara.

Para penyair Kalsel ini akan menarikan aksara merangkai kata menebar rasa merangkul jiwa bersama tokoh-tokoh sastra Indonesia, seperti Acep Zamzam Nor, Ahmadun Yosi Herfanda, Asrizal Nur, D.Zawawi Imron, Raudal Tanjung Banua dan Sutarji Calzoum Bachri, serta tokoh sastra lainnya di kawasan rantau melayu dari berbagai negara (Indonesia, Malaysia, Sungapura, Brunai Darussalam, Thailand, Miyanmar, Vietnam, Kamboja dan kawasan lainnya) dalam FSIGB.

"Dari hasil penyaringan penulis dari ribuan karya terseleksi maka yang lolos kurasi tidak kurang dari 500 penyair/penulis, baik dari dalam maupun dari luar negeri," kata Dato' Sri Lela Budaya, Rida K Liamsi melalui siaran persnya pada Senin, 20 Juni 2022.

Lebih lanjut dikatakan, karya-karya tersebut akan diabadikan dalam dua buku, yaitu buku dengan tajuk Jazirah 11 dan buku Jazirah 12. Untuk tahun 2022, FSIGB akan dipusatkan di Tanjung Pinang, Pulau Lingga serta sejumlah tempat lainnya.

"Materi acara selain seminar peluncuran buku juga pementasan baca puisi disejumlah panggung yang telah disiapkan," jelasnya.

Penyelenggaraan event sastra tahunan FSIGB dilaksanakan oleh Yayasan Jembia Emas bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kepri, dengan dukungan berbagai pihak lainnya. Festival literasi yang sudah mulai diadakan sejak tahun 2018 ini, akan diselenggarakan dari tanggal 24 sampai 26 September 2022, sebagai bahagian dari Perayaan Hari Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-20 (24 September 2002- 2022).

FSIGB kali ini masih akan diselenggarakan dalam suasana pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan akan diisi dengan kegiatan antara lain:

Penerbitan 3 buku antologi puisi bersama Jazirah Sebelas, Jazirah Dua Belas, Jazirah Tiga Belas dan buku antologi tersebut akan diluncurkan pada malam pembukaan FSIGB 2022, pada 24 September 2022 di Tanjungpinang bersama dengan peluncuran 5 buah buku sejarah tentang Kepulauan Riau.

Penyerahan Anugerah Budaya Jembia Emas 2022 yang akan diserahkan pada malam pembukaan FSIGB 2022. Seminar internasional sastera dengan tema "Dunia Melayu dan Tradisi Kebersaraan", yang diadakan secara daring dan luring dengan sejumlah pembicara budayawan/ sastrawan Asean.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline