Lihat ke Halaman Asli

Dialog Lintas Agama untuk Perkuat Persaudaraan Antar Umat

Diperbarui: 18 Oktober 2016   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Palopo - Hangatnya issu sara akhir-akhir ini di tubuh bangsa ini membuat sejumlah organisasi kemahasiswaan seperti PMII, GMKI, dan KMHDI Kota Palopo mengadakan dialog lintas agama yang bertema "mempererat hubungan persaudaraan antar umat beragama demi keutuhan NKRI".

Dialog lintas agama yang berlangsung hikmad dan bijaksana ini dibuka langsung oleh asisten 1 sebagai perwakilan dari pemerintah kota. Dalam sambutannya beliau sangat mengaoresiasi kegiatan tersebut, "kedepannya kegiatan seperti ino harus diintensifkan guna menjaga keutuhan bangsa ini" tegas Moh. Hatta selaku asisten I Kota Palopo dalam sambutannya.

Dialog ini menghadirkan beberapa narasumber dari perwakilan masing-masing agama di kota palopo, yakni Dr. Muhaemin M.A tokoh Perwakilan dari islam, Pdt. Lambang Mandi Tandi Pare S.Si M.S.i perwakilan dari kristen dan Darmadi Putra S.Sos. H perwakilan dari hindu.

Dari pertemuan tetsebut, ketiga tokoh agama ini menyerukan kepada peserta dialog agar senantiasa menjaga ketentraman bangsa ini. "Indonesia milik semua umat yang hidup didalamnya, untuk itu keutuhannya merupakan tanggagungjawab kita semua" papar Dr. Muhaemin, MA selaku narasumber yang mewakili tokoh agama islam. 18/10/2016.

Ridwan annawawi selaku ketua cabang PMII Kota Palopo menegaskan bahwa kegiatan ini adalah "bentuk dukungan terhadap PB NU yang menyerukan untuk tetap menjaga persaudaraan antar umat beragama", harapan kami dalam kegiatan ini semoga bisa menginspirasi semua elemen masyarakat dikota palopo untuk senantiasa menjaga dan menciptakan kerukunan dan perdamaian dalam perbedaan.

Selanjutnya Ardi seru palulun selaku Ketua cab. GMKI Palopo menyatakan bahwa "kami berharap dari kegiatan persaudaran antar umat beragama di kota palopo bisa terjaga. untuk para rekan aktivis dan panitian pelaksana bisa mem-follow up kegiatan ini dalam bentuk kerja riil sehingga tidak hanya sebatas diskusi saja. Hal tersebut diperkuat oleh ketua cabang KMHDI kota palopo yang ikut serta dalam pelaksanaan dialog tersebut bahwa dengan diadakannya kegiatan ini kami merasa sangat bangga karena kami juga ikut berkonstribusi dalam pelaksanaannya, selain itu kami semua bisa memahami perspektif masing-masing agama tentang penghargaan terhadap pluralitas dan kebangsaan. 

Kegiatan dilaksanakan di Rujab Walikota Palolo dan dihadiri oleh ratusan peserta dialog antara lain dari polres kota palopo, ormas islam, ormas kristen dan ormas hindu serta organisasi kepemudaan se-kota palopo. 

Oleh : Satria
Kader PMII Kota Palopo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline