Lihat ke Halaman Asli

Aranyaka Ketindan

Media Publikasi Kelompok KKM 101 di Desa Ketindan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang

Mahasiswa KKM 101 Mensosialisasikan Perilaku Gemar Menabung Sejak Dini Kepada Siswa SD

Diperbarui: 23 Januari 2023   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Sosialisasi Gemar Menabung oleh Mahasiswa KKM 101/Dok pribadi

Keuangan merupakan salah satu aspek penting yang melekat dalam kehidupan. Pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola keuangan sangat diperlukan sehingga kita dapat memahami perencanaan keuangan dan bijak dalam mengurus finansial. Mengelola keuangan dengan baik akan memudahkan seseorang dalam mencukupi kebutuhanya baik yang telah direncanakan maupun kebutuhan yang sifatnya mendadak.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan mahasiswa KKM UIN Malang mengadakan kegiatan "Sosialisasi Gemar Menabung Sejak Dini" di kelas 5 SDN 05 Ketindan. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menanamkan perilaku disiplin keuangan pada anak, agar saat dewasa ia mampu mengatur keuangan dengan baik. Sosialisasi gemar menabung sejak dini dilakukan dengan pemaparan mengenai manfaat menabung, tips menabung dan penayangan video animasi gemar menabung yang diharapkan dapat menumbuhkan minat anak anak dalam menabung. Pertama-tama mahasiswa KKM menjelaskan terlebih dahulu mengenai hakikat menabung, bahwa menabung itu merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang dari uang saku yang kita punya, jadi salah besar jika anak menganggap bahwa menabung dilakukan dengan menyisakan uang saku. Menabung sejak dini memiliki banyak sekali manfaat diantaranya; anak menjadi lebih menghargai uang, disiplin keuangan, anak menjadi lebih mandiri karena sudah bisa menyisihkan uangnya dan dengan itu anak akan mampu membeli sesuatu yang ia butuhkan atau inginkan. Selain itu, menabung membuat anak mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan, dan jika anak berada dalam situasi darurat serta membutuhkan uang maka ia sudah mempunyai dana cadangan dari uang yang telah ia tabung.

Siswa-Siswi kelas 5 SDN 05 Ketindan/Dok pribadi

Mahasiswa KKM UIN Malang memilih mensosialisasikan gemar menabung kepada siswa SD karena menabung akan lebih baik jika dimulai sejak dini. Mengapa demikian? Karena waktu itu sangat berharga dan tidak boleh disia-siakan, jika semakin awal seseorang menabung maka akan semakin baik. Selanjutnya dijelaskan pula mengenai tips menabung yang baik kepada siswa diantaranya; menentukan tujuan terlebih dahulu, misalnya jika seseorang ingin membeli tas baru maka harus menabung dulu, biasanya hal ini menjadikan seseorang lebih semangat untuk menabung. Tips yang lain; sisihkan uang yang akan ditabung dan simpanlah tabungan di tempat yang aman. Dari sekian materi yang disampaikan, siswa terlihat antusias dan bersemangat. Karena selain penyampaian materi gemar menabung, siswa juga dilatih berkreasi membuat celengan tabung yang terbuat dari botol bekas. Sebelumnya siswa dibagi menjadi 5 kelompok terlebih dahulu, kemudian setiap kelompok membuat 1 celengan tabung dengan dibimbing oleh kakak-kakak mahasiswa KKM. Bahan-bahan yang dibutuhkan sebelumnya sudah disiapkan sejak awal sehingga siswa hanya perlu mengikuti arahan dari kakak-kakak mahasiswa KKM. Kegiatan sosialisasi gemar menabung sejak dini dan pembuatan kreasi celengan tabung dari botol bekas berjalan dengan lancar karena semangat dan antusias dari siswa yang begitu tinggi. Hal ini perlu di apresiasi karena mahasiswa KKM UIN Malang Kelompok Ketindan mampu membangkitkan semangat gemar menabung sejak dini pada siswa SD dan meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat suatu karya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline