Lihat ke Halaman Asli

Ali Akbar Djaguna

Pasca sarjana ilmu komunikasi universitas muhammadiyah jakarta

Peran IMC dalam Meningkatkan Industri Pariwisata di Morotai

Diperbarui: 10 Maret 2023   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pariwisata adalah sektor yang menjadi fokus perhatian pemerintah daerah di seluruh Indonesia, karena memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan daerah. 

Kontribusi industri pariwisata global telah mencapai 1.323.000 wisatawan pada tahun 2019, dengan pertumbuhan yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2030. 

Perkembangan pariwisata dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara tersebut, melalui peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang berkaitan langsung dan tidak langsung dalam industri pariwisata akan menghasilkan berdampak positif dari siklus pendapatan daerah. 

Selain itu, keberadaan industri pariwisata di sebuah negara juga memberikan stimulus terhadap pemerintah berupa peningkatan pendapatan devisa negara yang bersumber dari pajak tidak langsung.

Pengembangan serta peningkatan komponen-komponen produk dari industri pariwisata perlu disertai dengan aktifitas Marketing Communications yang dilakukan dengan baik bersama seluruh stakeholder sehingga terbangun integrasi persepsi dalam memberikan pelayanan kepada Costumers Target. 

Kabupaten Pulau Morotai melakukan upaya untuk mempromosikan Pulau Morotai sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik melalui berbagai kegiatan dan acara baik di tingkat lokal maupun nasional. 

Namun, Pulau Morotai menghadapi berbagai tantangan dalam hal bersaing dengan daerah-daerah lain yang sudah lebih siap dari segi sarana dan prasarana wisata. 

Meski terbatasnya sumber daya yang dimiliki Pulau Morotai, pemerintah daerah dan stakeholder tidak membatasi langkah serta upaya untuk mempromosikan Pulau Morotai agar dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya. 

Terlebih lagi, Morotai berusaha untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memposisikan dirinya sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Dalam menghadapi persaingan industri pariwisata yang semakin ketat, maka aktifitas Marketing Communication menjadi solusi untuk menjaga pelanggan, serta menciptakan kesadaran agar menjadikan investasi ke depan yang berharga. 

Negara-negara yang menempati posisi peringkat sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan, seperti Brasil, Prancis, UEA, Kanada, Amerika Serikat, Maladewa, Spanyol, Turki, China, dan Italia, melakukan aktivitas strategi 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline