Lihat ke Halaman Asli

Achmad Room Fitrianto

Seorang ayah, suami, dan pendidik

Elizabeth Quay (Perth) dan Pantai Kenjeran (Surabaya), Dua Ikon Kota yang Serupa tapi Tak Sama

Diperbarui: 3 Oktober 2017   05:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Coba temukan persamaan dan perbedaan dua foto berikut 

Tiap tiap pasti memiliki ikon atau tetenger sendiri sendiri. Konon kabarnya Kota Perth menjadikan Swan Bell Tower sebagai ikon kotanya, tapi itu dulu! Kini Perth memiliki Icon Kota baru yang mereka beri nama Elizabeth Quay. Sebuah lokasi di dekatnya Swan Bell Tower yang dibangunkan dermaga ferry dengan Jembatan Ovalnya dengan semacam pulau buatan di tengahnya menjadikan jembatan ini indah dipandang mata.

Kota Surabaya bagaimana? apakah Ikon kota buaya ini? Tugu pahlawan? Jembatan Surabaya? Banyak sih Ikon kota Surabaya (katanya). Coba Ambil saja Jembatan Surabaya di daerah Bulak yang menjadi penghubung dua sisi semenanjung di Kelurahan Bulak kecamatan Kenjeran ini. Secara konstruksi dan bentuk kayaknya 11, 12 dengan jembatan ovalnya Elizabeth Quay di Perth. Jembatan Surabaya ini juga dilengkapai dengan airmancur menari warna warni yang hanya nyala seminggu sekali pada sabtu malam hari. Jembatan Surabaya ini melingkari Taman Ria kenjeran (Pantai kenjeran lama), sebuah areal wisata lokal di Surabaya.

Sekilas bagi mereka yang pernah bermukim di Perth dan Surabaya bila membandingkan dua lokasi ini (jembatan oval Elizabeth Quay dan Jembatan Surabaya) pasti bisa melihat persamaan diantara keduanya. Apalagi Jawa Timur dengan ibu kota Surabaya dan Western Australia dengan ibu kota Perth adalah "province sister" maka banyangan kemiripan seharusnya dikembangkan. Cuman yang membedakan adalah satu tertata yang satu butuh sentuhan nyata.

Membandingkan dua obyek ikon kota di dua kota berbeda ini memang bisa melihat perbedaan perencanaan pembangunan di dua lokasi yang berbeda. Kendala atau constrain yang dihadapi dan bagaimana pemangku kebijakan menyikapi. Namun demikian muncul pertanyaan "wahai warga Surabaya dan pembuat kebijakan di Surabaya, Opo ndak pengen awakmu punya ikon kota kayal Elizabeth Quay di Perth, padahal awakmu sudah punya modal dasar Jembatan Surabaya?"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline