Lihat ke Halaman Asli

D. Wibhyanto

TERVERIFIKASI

Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Fenomena "Gojek Kere" Menembus 13000 Viewer Kompasiana, Apa Rahasianya?

Diperbarui: 13 Agustus 2023   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi fenomena "Gojek Kere"menembus 13000 lebih viewer (image:dokpri)

Fenomena "Gojek Kere" menembus 13000 viewer Kompasiana, apa rahasianya? 

JAKARTA, -Jangkrik! Teriakku dengan gembira (tapi dalam hati sih). Saya terkejut bercampur suka melihat pergerakan angka viewer yang terus bertambah cepat atas suatu artikel saya yang tayang beberapa hari lalu.

Artikel itu berjudul "Gojek Kere": Ekspresi Akrab Pertemanan, Bukan Ujaran Kebencian, tayang 9/8/2023 (Jika suka, baca di sini SUMBER)  dan berhasil menjadi "Tren Pekan ini" Kompasiana, dengan viewer 13000 lebih. Diperkirakan angka viewer akan terus naik, terbukti hari ini Minggu (13/8) sore, viewer mencapai 14100 lebih.

Sebagai pendatang baru Kompasiana, (saya bergabung pada 10 April 2023), penulis heran sekaligus suka atas Fenomena "Gojek Kere" yang menembus viewer 14100 lebih ini. Sebab baru pertama kali ini penulis mengalami hal demikian, dimana rerata viewer artikel harian saya paling banter 120 Viewer. Dan malahan kapan itu, pernah jeblok dengan viewer hanya: 25 Viewer. Ampunn Kumpeni! 

(nyesek gak sih, udah nulis dengan semangat empat lima, viewer jeblok? Yaiyalah, nyesek. masak enggak..hihihi. lanjutt-red).

Ulasan receh remeh temeh ini berisi sharing, pandangan subjektif penulis, yang mencoba menjawab pertanyaan: apa rahasia memperoleh viewer tinggi di Kompasiana? Bagaimana cara memperolehnya? Semoga ulasan ini bermanfaat. 

Oiya, disclaimer: artikel ini adalah pandangan subjektif, bisa jadi pendapat penulis di sini berbeda dengan pandangan para senior kompasiana yang hebat hebat lain. Lagipula, fenomena 14100 Viewer dalam 1 artikel "Gojek Kere" hanya sebagai sarana studi kasus, jadi bukan untuk pamer. Begitulah kura kura, jadi clear, ya? Mari kita lanjutkan ulasan, lebih dalam lagi.

Apa Itu Viewer

Viewer sebuah artikel adalah orang yang melihat atau membaca artikel yang telah dipublikasikan. Dalam dunia digital, hal ini seringkali diukur dengan jumlah tampilan atau kunjungan ke halaman artikel tertentu. Contohnya, dalam konteks artikel "Gojek Kere", jumlah viewernya 14100 lebih.

Dalam banyak kasus kita sering melihat, bahwa artikel kompasianer lainnya, bisa mencapai lebih tinggi lagi, yakni puluhan ribu, bahkan ratusan ribu viewer untuk 1 buah artikel. Iya kan?

Mengapa Viewer Penting?

Menurut catatan penulis, Viewer sangat penting dalam dunia konten digital dan media online, antara lain alasannya sebagai berikut:

Mengukur Kepopuleran dan Efektivitas: Jumlah viewer atau pembaca bisa menjadi indikator seberapa populer atau efektif suatu konten atau artikel. Dalam dunia digital, jumlah tampilan atau kunjungan bisa memberi tahu Anda seberapa banyak orang yang tertarik untuk melihat konten Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline