Lihat ke Halaman Asli

D. Wibhyanto

TERVERIFIKASI

Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Jangan Tertipu! Kenali Modus PHP Penipuan Digital di Internet dan Solusinya

Diperbarui: 27 Juli 2023   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cover penipuan digital (sumber image freepik )

Jangan Tertipu! Kenali Modus PHP Penipuan Digital di Internet dan Solusinya

Penipuan digital, sebutan populernya cyber fraud atau cyber scam. Yaitu segala bentuk kegiatan penipuan atau penipuan yang dilakukan secara daring atau melalui internet.

Salah satu ontoh kasus penipuan digital yang terkenal merebak di banyak negara dan viral di dunia adalah "Kasus Penipuan BitConnect", terjadi pada tahun 2017-2018.

BitConnect adalah platform kripto yang menawarkan program investasi dengan janji pengembalian investasi yang sangat tinggi. BitConnect lalu menawarkan produk bernama "BitConnect Lending" yang meminta pengguna untuk menginvestasikan Bitcoin dalam platform BitConnect, serta dijanjikan imbal hasil yang sangat besar, dalam tempo beberapa hari saja. (Janji manisnya sih begitu..hihihi) 

Maka banyak orang tertarik dan berinvestasi dalam BitConnect dengan harapan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. (Apakah kamu termasuk orang yang tertarik pada waktu itu? semoga  tidak.)

Namun, pada Januari 2018, BitConnect secara tiba-tiba menghentikan operasional platform dan menutup program investasi mereka. Akibatnya para investor kelimpungan. Mereka kehilangan seluruh uang mereka karena dana investasi mereka tidak bisa ditarik. Harga token BitConnect juga jatuh, melorot tajam setelah penghentian operasional itu.

Penipuan BitConnect menjadi salah satu contoh paling menonjol tentang skema Ponzi yang melibatkan kriptokurensi. Meskipun platform tersebut mendapatkan popularitas di awal, akhirnya ditutup karena dianggap sebagai skema penipuan yang sangat merugikan banyak orang.

Atas insiden ini, berbagai negara dan regulator keuangan dunia memperingatkan masyarakat tentang risiko jika terlibat dalam skema investasi yang tidak jelas dan menjanjikan keuntungan tidak realistis, seperti dilakukan BitConnect.

Ada Banyak Modus

Dalam penipuan digital, penipu menggunakan teknologi digital dan internet sebagai sarana untuk mencuri informasi pribadi, uang, atau aset berharga dari korban tanpa seizin mereka. Modus penipuan digital, selain melalui contoh kasus di atas, bisa melalui banyak cara, sebagian di antaranya adalah:

Phishing: Penipu mengirim email palsu atau pesan instan yang tampak meyakinkan dengan tujuan mengelabui orang untuk memasukkan informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi rekening bank.

Scam Online: Penipu menawarkan produk atau layanan palsu atau tidak ada yang dimaksudkan untuk menipu korban agar mengirimkan uang atau informasi pribadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline