Saat ini mayoritas penduduk bumi memiliki setidaknya satu media sosial. Melalui media sosial selain dapat berkomunikasi dengan teman dari jarak yang cukup jauh, juga dapat melihat video, memposting foto, hingga update informasi atau berita.
Karena banyaknya informasi yang dapat diakses melalui media sosial membuat siapa saja betah berlama-lama bermain media sosial setip harinya. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk melakukan strategi digital marketing.
Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran brand atau produk dan jasa dengan memanfaatkan teknologi internet atau media sosial.
Dari pengertian di atas kita dapat diketahui bahwa digital marketing sangat efektif dilakukan diera seperti sekarang. Selain karena banyaknya pengguna media sosial saat ini juga stratgi digital marketing ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Menargetkan audiens lebih spesifik
Saat melakukan campaign di media sosial Anda dapat melihat data yang diperoleh selama campaign berjalan. Data yang disajikan pun terbilang cukup spesifik seperti informasi mengenai umur audiens, lokasi, hingga jenis kelamin audiens.
Dari data yang diperoleh terebut Anda dapat menggunakannya sebagai bahan konten maupun campaign selanjutnya, berdasar data yang telah diperoleh. Sehingga konten maupun campaign yang dijalankan nantina dapat lebih relate dengan audiens.
2. Biaya lebih murah
Berbeda dengan pemasaran secara konvesional yang cenderung memakan biaya yang cukup tinggi, dengan menggunakan strategi digital marketing Anda dapat menekan biaya pengeluaran.
Anda dapat mengatur sesuai budget mengenai biaya iklan yang diinginkan, jika ingin mendapat hasil yang cepat. Namun Anda juga dapat menjalankan campaign di media sosial secara organik, dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.
3. Jangkauan yang lebih luas