Lihat ke Halaman Asli

Aqiq Muttaqin

Guru Progresif

SMP Labschool Cibubur Tim Danadyaksa Budaya Raih Juara 1 Kategori Mixed Age Group Folklore and Choreography Traditional

Diperbarui: 2 November 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. SMP Labschool Cibubur

Danadyaksa budaya merupakan tim misi budaya yang dibentuk oleh SMP Labschool Cibubur sejak tahun 2011. Danadyaksa budaya memiliki tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah atau tradisi Indonesia yang sangat kaya, agar dikenal luas di mancanegara.

Setelah 2 tahun vakum mengirimkan tim misi budaya karena pandemi covid, pada tahun 2023 SMP Labschool Cibubur kembali mengirimkan tim danadyaksa budaya pada perlombaan "Les Etoiles de Paris" yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 di Paris, Prancis dan "The 38th Prague Stars" yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2023 di Praha, Rebublik Ceko.

Grup danadyaksa budaya terdiri dari 10 orang penari, 4 orang pemain musik, 1 orang perwakilan guru, 1 orang pelatih tari, dan 1 orang grup leader  yang juga berperan sebagai pemain musik.

Pada hari selasa, 31 Oktober 2023, tim Danadyaksa berhasil memenangkan perlombaan First Prize dalam kategori Mixed Age Group Folklore and Choreography Traditional Folk Performance dalam kompetisi Etoiles de Paris 2023. Jumlah peserta dalam kompetisi ini sebanyak 104 peserta yang berasal dari berbagai negara.

Doc. SMP Labschool Cibubur

Pada perlombaan ini, tim danadyaksa menampilkan tarian Torang Papua. Tarian ini mencerminkan slogan semangat kebersamaan masyarakat di Papua. Komposisi tari dan musik ini mengeksplorasi kearifan lokal untuk mendorong generasi muda memberikan kontribusi positif bagi masyarakatnya, dan menunjukkan semangat generasi muda untuk membangun Papua (Indonesia), serta mencintai dan melestarikan budayanya.

Bapak Mohamad Oemar selaku duta besar Indonesia untuk Prancis yang diwakili oleh wakilnya dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Ibu Luh Anik Mayani memberikan dukungan penuh  kepada tim danadyaksa budaya SMP Labschool Cibubur, yang secara langsung disampaikan saat tim danadyaksa melakukan kunjungan ke kedutaan besar Republik Indonesia di Paris pada hari senin, 30 oktober 2023. Beliau sangat mengapresiasi tim danadyaksa yang terus melestarikan dan memperkenalkan dkebudayaan Indonesia di dunia.

Pada tanggal 3 November 2023 mendatang Tim Danadyaksa juga akan kembali memperkenalkan budaya Indonesia dalam kompetisi yang akan dilaksanakan di Praha, Republik Ceko. ATB




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline