Lihat ke Halaman Asli

Perlunya Pendekatan dalam Bimbingan Konseling

Diperbarui: 15 November 2017   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.cosmopolitan.com

Kenapa harus pendekatan  kepada klien? Pintu awal yang bisa membuka kepercayaan baik sedikit ataupun seutuhnya adalah Pendekatan. Karenanya, pendekatan seorang konselor akan bermuara pada mesalah dan problematika yang dialami konseli. Dengan tahap ini pula konselor dapat mengatahui potensi pada konseli melalui interaksi sehingga potensi pada dirinya (konseli) dapat dikembangkan dengan optimal melalui bimbingan dan konseling.

Sedah merasa dekat dengan klien?

Latar belakang yang menjadi bimbingan konseling menjadi proses viral dalam tahap pendekatan  yaitu psikologis yang berkaitan dengan proses perkembangan manusia yang sifatnya unik, berbeda dari individu lain dalam perkembangannya. Dari sisi keunikan dan keragaman individu, diperlukan bimbingan untuk membantu setiap individu mencapai perkembangan yang sehat didalam lingkungannya.

Pendekatan  dalam versi Bimbingan dan konseling ada banyak, tetapi pada kajian ini ada beberapa diantaranya yaitu,

Pendekatan Krisis, disebut juga pendekatan kuratif, merupakan upaya bimbingan yang diarahkan kepada individu yang mengalami krisis atau masalah. Bimbingan ini bertujuan mengatasi krisis atau masalah-masalah yang dialami individu. Selanjutnya, beliau konselor memberikan bantuan sesuai dengan masalah yang dialami individu. 

Pendekatain versi yang satu ini banyak dipengaruhi oleh aliran psikoanalisis yang menekankan perngaruh peristiwa-peristiwa masa lampau sebagai hal yang menentukan bagi berfungsinya kepribadian individu saat ini.

Pendekatan Remedial, pendekatan ini merupakan pendekatan bimbingan yang diarahkan kepada individu yang mengalami kelemahan atau kekurangan. Tujuan bimbingan ini adalah untuk membantu memperbaiki kekurangan atau kelemahan yang dialami individu. Dan memperbaiki untuk progress selanjutnya.

pendekatan ini banyak beraliran psikologi behavioristic yang menekankan pada prilaku individu di sini dan saat ini.

Pendekatan Preventif, mengarah pada antisipasi masalah-masalah umum individu pada pendekatan ini. Dan mencegah jangan sampaimasalah tersebut datang menghampiri individu tersebut, maka didalamnya terdapat informasi dan keterampilan untuk mencegah masalah tersebut. Dan banyaknya pendekatan versi ini selalu banyak inspirasi dan teknik dalam berbagai zona.

Pendekatan Perkembangan, proses yang menekankan pada pengembagan potensidan kekuatan yang ada pada individu secara optimal. Karena setiap individu memiliki potensi dan kekuatan tertentu yang harus dikembangkan. Melalui  pendekatan ini, layanan bimbingan diberikan bukan hanya kepada individu, melainkan kelompok bahkan klasikal melalui layanan pemberian informasi, diskusi, serta penyaluran minat dan bakat.

            Mau pakai yang mana? Bisa yang mana dan boleh kesemuanya, karna konseli memiliki karakteristik yang berbeda. Dikarnanya, pendekatan perlu dan bisa menggunakan sesuai selera. Dan juga tidak hanya kepada klien, tetapi kepada orang lain kita juga bisa menggunakanny




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline