Lihat ke Halaman Asli

Apriyan Sucipto SH MH

Vivere Pericoloso

Geopolitik Soekarno - " To Build World a New "

Diperbarui: 30 Januari 2023   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

New York- 1960 Pidato Kenegaraan Ir, Soekarno yang berjudul  " To Build World a New " yang isi nya merupakan seruan bung Karno kepada Negara negara dunia untuk  bergabung kedalam poros baru,  " Poros Negara Kekuatan Baru " dengan mengembangkan Manifesto dunia dan didasarkan Ko- Eksistensi.

Sekitar tahun 1956 sampai 1965 Bung Karno aktif melakukan diplomasi tingkat Dunia dan berkeliling dunia untuk mengembangkan gagasan kenegaraan nya, Dunia yang disusun bung karno adalah Dunia tanpa Eksploitasi antara Negara Kuat yang menghisap Negara Lemah, Pasiifis, akan tetapi Dunia yang Humanis dan Berkebudayaan.

Ir. Soekarno menawarkan Tatanan Dunia Baru, melalui "Geopolitik Soekarno" sebagai pilihan para pemimpin dunia, saat perpecahan dunia pasca kalahnya Jerman Nazi oleh Kubu Amerika Serikat-Inggris-Soviet tahun 1945. sebagai pertimbangan bahwa Ir Soekarno melihat Perang Dingin hanya menghidupkan Sistem yang lebih jauh dari Kolonialisme, yaitu Neo Kolonialisme, dan Imperealisme yang lebih menitikberatkan arus kapital, oleh karena demikian gagasan yang ditawarkan oleh Soekarno kepada Dunia adalah New Order - Poros Negara Baru dan/atau Non Blok, yang kita kenal sebagai Politik Bebas Aktif .

Geopolitik dipelajari sebagai sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang Sistem politik yang berhubungan dengan letak geografis, Secara umum Geopolitik juga bisa diartikan sebagai sistem politik atau peraturan peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan Strategi  nasional yang didorong oleh letak geografis suatu negara. Konsep Geopolitik Indonesia berlandaskan pada Pandangan Kewajiban dan Kehidupan bangsa, sebagai Negara yang sangat luas dengan berbagai keagamaan di dalam nya, Indonesia memiliki Wawasan Nusantara sebagai dasar pengembangan wawasan nasional, maka dengan demikian seharusnya di Indonesia dalam setiap formulasi kebijakannya harus mempertimbangkan aspek Geografis dan Keadaan Sosial nya, sehingga Kebijakan nya dapat tepat guna saat riterapkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Wawasan Nusantara, ada 4 Konsep  menurut fungsi, sebagai berikut :

1. Wawasan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik.

2. Wawasan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Ekonomi.

3. Wawasan Nusantara sebagai Kesatuan Sosial Budaya.

4. Wawasan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.

Geopolitik dan Geostrategi sangat penting bagi negara kita Republik Indonesia, karena; Dengan adanya Geopolitik dan Geo strategi hanya dimiliki di Indonesia secara ekslklusif untuk dapat menjadikan Negara Indonesia sebagai sebuah Bangsa yang besar dan Kuat. (rls)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline