Lihat ke Halaman Asli

Aprillian Pritaningrum

Mahasiswa Administrasi Publik '21, Universitas Negeri Yogyakarta

Tim PPK Ormawa HMAP UNY Ciptakan Inovasi Tas Kolaborasi Anyaman Bambu Dengan Kulit Sintetis

Diperbarui: 17 Oktober 2023   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi oleh Tim PPK Ormawa HMAP UNY 2023

Melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa atau yang disingkat PPK Ormawa di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2023, tim dari HMAP UNY berhasil ciptakan produk inovasi berupa tas dengan bahan dasar anyaman bambu yang dikolaborasikan dengan kain sintetis.

Tas dengan merk “Omah Anyam” ini merupakan salah satu produk pemberdayaan UMKM oleh Tim PPK Ormawa HMAP UNY bersama dengan para pengrajin anyaman bambu dan penjahit di Dusun Tinggen, Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman.

Ide inovasi Tas Omah Anyam ini hadir sebagai bentuk keprihatinan Tim PPK Ormawa HMAP UNY terhadap harga jual produk anyaman bambu di Dusun Tinggen, yaitu berupa besek, yang masih rendah. Oleh karena itu, Tim PPK Ormawa HMAP UNY mengadakan “Kelas Inovasi” sebanyak lima kali untuk memberikan pelatihan tentang cara pembuatan tas kolaborasi anyaman bambu dengan kulit sintetis tersebut.

“Konsep tasnya bagus, cara membuatnya juga gampang. Kalau mampu menembus pasar dengan harga yang sesuai, saya mau membuatnya” ungkap Endang, salah satu pengrajin anyaman bambu (12/10/2023).

Harapannya produk ini dapat diproduksi oleh masyarakat Dusun Tinggen secara mandiri dan mampu meningkatkan pendapatan para pengrajin anyaman bambu dan penjahit di dusun setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline