Lihat ke Halaman Asli

April Liani

Mahasiswi Universitas Jambi

Urgensi Implementasi Demokrasi di Kampus

Diperbarui: 8 Juni 2023   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Urgensi implementasi demokrasi di kampus

Urgensi implementasi demokrasi di kampus sebagai sebuah upaya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, transparan, dan partisipatif bagi semua anggota kampus. Implementasi demokrasi di kampus berarti memberikan kesempatan kepada semua anggota kampus untuk memiliki suara dalam pengambilan keputusan dan memastikan bahwa keputusan tersebut didasarkan pada konsensus dan kepentingan bersama.

Pertama, implementasi demokrasi di kampus memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih transparan dan akuntabel. Dengan memberikan akses informasi dan ruang partisipasi yang lebih terbuka, anggota kampus dapat memastikan bahwa keputusan yang diambil didasarkan pada fakta dan data yang jelas. Hal ini juga dapat meminimalkan risiko terjadinya keputusan yang tidak adil atau diskriminatif.

Kedua, implementasi demokrasi di kampus dapat membantu membangun kepercayaan dan keterlibatan antara anggota kampus. Dengan terlibatnya anggota kampus dalam sebuah demokrasi maka akan berjalan dengan baik demokrasi yang baik di dalam kampus. Mahasiswa akan mengerti demokrasi yang baik, dan menghindari sikap yang tidak sesuai dengan demokrasi yang telah diterapkan di Indonesia yaitu demokrasi Pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline