Lihat ke Halaman Asli

Aprilia Sukmawati

Penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2017

Pulau Pahawang sebagai Salah Satu Wisata Populer di Lampung

Diperbarui: 14 Januari 2022   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saat ini Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Lampung. Yaa, siapa yang tidak kenal dengan Pulau Pahawang, apalagi masyarakat Lampung yang pasti sebagian sudah pernah mengunjungi Pulau Pahawang. Sebagai masyarakat Lampung saya sangat bangga terhadap Lampung karena memiliki berbagai destinasi yang begitu indah. Tapi disayangkan wisata di Lampung masih kurang terjangkau oleh wisatawan asing ataupun luar daerah. Dari berbagai survey yang saya lakukan ke teman-teman saya di Jakarta, banyak diantara mereka yang takut karena Lampung terkenal dengan "Begal". Mereka mengganggap Lampung sebagai markas nya para begal. Padahal dibalik berita buruk tersebut tersimpan keindahan yang tidak semua orang ketahui. 

Keindahan - keindahan itulah yang dijadikan daya tarik wisata agar Lampung dapat terkenal bukan karna berita buruknya tetapi juga karna keindahan alamnya. Pulau Pahawang merupakan destinasi wisata dimana melihatkan keindahan alam bawah lautnya. Pulau Pahawang berada di wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, tepatnya berada di Teluk Lampung. Untuk bisa sampai di Pulau Pahawang tidak memerlukan waktu berhari-hari. Sebab jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di Pulau Pahawang. Tidak jauh pula dari merak Bakauheni.

Pulau Pahawang sendiri terdiri dari 2 pulau yang saling berdekatan, pertama adalah pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Di Pulau Pahawang besar kita dapat melakukan snorkling dengan keindahan laut yang indah dan sangat alami. Kita dapat disuguhkan dengan keindahan koloni ikan nemo yang tumbuh diterumbu karang. Dan untuk Pulau Pahawang kecil menurut info yang beredar merupakan pulau yang dimiliki oleh warga negara asing sehingga tidak bisa sembarangan untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Selain snorkling di Pulau Pahawang, wisatawan juga dapat mencoba snorkling di Pantai Sariringgung, yang lokasinya sendiri tidak jauh dari Pulau Pahawang. Selain itu, banyak sekali destinasi wisata yang dapat kita kunjungi di sekitar Pulau Pahawang  diantaranya seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, wisata Taman Nemo, dan Tanjung Putus.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Pahawang pada saat itu saya hanya membayar Rp. 450.000 dan itu sudah termasuk makan, minum, transportasi ke berbagai pulau, dokumentasi dan kebutuhan lainnya. Harga yang cukup terjangkau dengan pengalaman yang diberikan pada saat kita menikmati keindahan Pulau Pahawang.

Saat berkunjung ke Pulau Pahawang saya dan teman - teman saya merasa sangat happy, selain keindahan alamnya yang sangat menakjubkan fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap dan bersih. Pekerja pariwisata disanapun sangat baik dan ramah terhadap wisatawan yang datang. Dan saat itu saya menjadikan Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata yang saya rekomendasikan pada saat pengambilan nilai tugas dari dosen saya sewaktu saya menjadi mahasiswi di salah satu sekolah tinggi pariwisata swasta di Jakarta. 

Qoutes of the day is "Wherever you go becomes a part of you somehow."
Dan saya tersadar bahwa kita akan terbentuk dari semua pengalaman yang terjadi di hidup kita. Dan bila kita mengunjungi suatu tempat hanya beberapa hari saja, pasti akan banyak hal baru yang bisa menambah pengetahuan dan memperluas perspektif kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline